Pengakuan Haris Azhar, Semua Berkas Pledoi Freddy Budiman Hilang

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 04 Agustus 2016
Pengakuan Haris Azhar, Semua Berkas Pledoi Freddy Budiman Hilang
Koordinator KontraS Haris Azhar menyatakan semua berkas pledoi Freddy Budiman hilang (Foto: MP/Yohanes Abi)

MerahPutih Nasional - Koordinator Kontras Haris Azhar mengatakan pihaknya juga sudah mencari berkas pledoi Freddy Budiman di Pengadilan Negeri Jakarta Barat usai mendengar keluhan terpidana mati tersebut. Namun sangat disesalkan berkas tersebut sudah tidak ditemukan pada tahun 2014.

"Pada berkas pledoi tersebut baru bisa diakses beberapa waktu terakhir. Saya mencoba pledoi di PN Jakarta Barat tahun 2015 juga tidak bisa dan mencari pada website tidak ditemukan juga," kata Haris Azhar ditemui di Kantor KontraS, Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Haris mengaku sudah berusaha untuk mencari hasil putusan sang bandit di tahun 2012 silam. Setelah mendengarkan kesaksian Freddy dua tahun setelahnya. Tapi berkas-berkas tersebut tak berhasil diperolehnya.

"Ternyata bahan putusan Freddy itu sudah ada di website MA dan PN Jakarta Barat kalau kita lihat directory tahun 2016, putusannya putusan tahun 2012. Teknologi kan enggak bisa dibohongi," jelasnya.

Haris Azhar menjelaskan, saat dirinya melakukan verifikasi dia tak bisa mendapatkan pentunjuk pembuktian kala itu. Akibatnya saat ini dirinya dibenankan untuk membuktikan kesaksian Freddy padahal dia menganggap negara telah gagal memberikan informasi.

"Jadi kalau hari ini saya dibebani pembuktian peluang saya ada, tapi ini kegagalan negara menyediakan informasi saya dianggap yang menanggung resiko," tutur Haris.

Menurut Haris, Freddy Budiman tidak sempat menyebutkan sejumlah nama aparat penegak hukum yang menangani kasusnya. Sebab kala itu waktunya tak cukup, Freddy hanya mengatakan para pelaku tertulis didalam pledoinya.

"Dia tidak nyebut nama, tapi saya punya banyak petunjuk untuk itu," pungkasnya.(Abi)

BACA JUGA:

  1. Irjen Pol Boy Rafli Amar: Haris Azhar Berpeluang Jadi Tersangka
  2. Haris Azhar Baru Dilaporkan dari Tayangan Televisi
  3. Irjen Pol Boy Rafli Amar Tegaskan Status Haris Azhar Masih Terlapor
  4. Brigjen Agus Andrianto Tampik Status Tersangka Haris Azhar
  5. Dilaporkan Polisi, TNI, dan BNN ke Polri, Haris Azhar Belum Tahu Statusnya Tersangka
#Freddy Budiman #Haris Azhar
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan