Pengacara Tomy Winata yang Aniaya Hakim Terancam Dua Tahun Penjara Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan menyebut, Desrizal Chaniago (54) yang menjadi pelaku penyerangan hakim PN Jakpus resmi ditahan.

Harry mengatakan, satu bukti petunjuk yaitu hasil visum untuk menetapkannya sebagai tersangka.

Baca Juga: Seorang Hakim di PN Jakarta Pusat Diserang Pengacara

"Sekaligus dilakukan penahanan dengan persangkaan pasal 351 ancaman hukuman 2 tahun 8 bulan dan atau pasal 212 KUHP,," kata Harry di Polres Metro Jakarta Pusat, Jumat (19/7).

Harry mengatakan, pelaku melakukan aksi karena kesal. Belum terindikasi ia menggunakan narkoba atau minuman keras.

Kombes Harry Kurniawan memberikan keterangan kepada awak media
Kombes Harry Kurniawan memberi keterangan kepada awak media terkait kasus penyerangan hakim PN Jakpus oleh pengacara Tomy Winata (MP/Kanu)

"Ia kesal karena vonis yang dibacakan itu tidak sesuai dengan harapan tersangka," imbuh Harry.

Kepada penyidik, pengacara DC mengaku aksi tersebut dilakukan secara spontan.

"Pelaku dalam tahapan persidangan itu yang dibacakan oleh korban tidak sesuai yanh diharapkan dan tersangka mengambil ikata pinggang yang ada di celananya dan berdiri mendekati korban," terang Harry.

Harry menjelaskan, status sebagaia pengacara apalagi yang dibela adalah pengusaha kondang Tomy Winata, tak bisa mempengaruhi proses hukum.

"Ini kita gakbisa lihat kesana, ini proses terjadi adalah proses pidana barangsiapa yang melakukan perbuatan pidana, ada ancaman hukumannya. Saudara D ini adalah melakukan kegiatan penganiayaan dan ancaman hukumannya Dua tahun delapan bulan," jelas Harry.

Nantinya, penyidik bakal berkoordinasi dengan perkumpulan komunitas advokat untuk proses hukum.

"Kami melakukan koordinasi kepada pihak yang memang akan berperkara atau pihak yang memang akan berpengaruh dalam kasus ini," tandas Harry.

Hakim PN Jakpus Sunarso yang diserang pengacara Tomy Winata
Hakim PN Jakpus Sunarso yang diserang pengacara Tomy Winata, Desrizal Chaniago (MP/Kanu)

Baca Juga: Cerita Hakim Diserang Pengacara Tomy Winata: Puluhan Tahun Sidang, Baru ini Dipukuli

Sebelumnya diberitakan, penyerangan yang dilakukan D itu mengenai dua orang hakim yaitu Ketua majelis hakim HS, pada bagian jidat dan juga hakim anggota 1 yakni DB. Setelah itu, pelaku diamankan pihak keamanan PN Jakpus.

Peristiwa tersebut terjadi di ruang sidang Subekti sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis 18 Juli 2019 lalu. Saat itu, hakim Sunarso sedang membaca putusan terkait perkara gugatan antara Tomy Winata dengan PT PWG.

Saat majelis hakim tengah melakukan pembacaan putusan yang mana pada bagian pertimbangannya sudah mengarah petitum gugatan ditolak, kuasa pihak TW selaku penggugat yakni D berdiri dari kursinya.

Setelah berdiri dari kursinya, D, lanjut Makmur, melangkah ke depan majelis hakim yang sedang baca pertimbangan putusan kemudian menyerang majelis hakim dengan ikat pinggang.(Knu)

Baca Juga: Polisi masih Periksa Pengacara Tomy Winata yang Pukuli Hakim PN Jakpus



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH