Pengacara: Kivlan Zen jadi Sasaran Pembunuhan Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen. (MP/Gomes Roberto)

MerahPutih.com - Pengacara Tersangka kasus pemufakatan makar, Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen, Muhammad Yuntri membantah kliennya terlibat merencanakan pembunuhan terhadap empat tokoh nasional.

Menurut Yuntri, tuduhan kepada kliennya mantan Kepala Staf Kostrad ABRI itu tidaklah benar. Alih-alih merencanakan pembunuhan, Yuntri menyebut malah kliennyalah yang jadi target pembunuhan.

BACA JUGA: Bantah Keterangan Iwan, Pengacara Kivlan Zen: Ceritanya Berbanding Terbalik

Yuntri menjelaskan kalau kesaksian tersangka dalam video yang diputar saat konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Selasa 11 Juni 2019 berbeda drastis. Termasuk kesaksian tersangka berinisial HK alias Iwan.

"Sampai saat ini kita mau ketemu Iwan enggak bisa, dikhawatirkan cerita Iwan dengan yang kami terima dari Pak Kivlan itu berbeda. Iwan justru datang ke Pak Kivlan mengatakan bahwa Pak Kivlan mau di bunuh oleh empat orang itu," kata Yuntri saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (12/6).

Kivlan Zen saat mendatangi Bareskrim untuk diperiksa dalam kasus makar
Kivlan Zen didampingi pengacaranya saat diperiksa penyidik Bareskrim terkait kasus dugaan makar (Foto: antaranews)

Diketahui, Kivlan dituding berada dibalik rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional. Keempatnya yakni Menkopolhukam Wiranto, Kepala BIN Budi Gunawan, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan mantan Kadensus 88 Antiteror Gories Mere. Selain itu, seorang petinggi lembaga survei yakni Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya juga masuk kedalam radar pembunuhan.

Kedepan, Ia meminta kepada Polri terbuka dalam penanganan kasus ini. "Inginnya polisi terbuka, kerja mereka kan promoter ya, profesional modern dan terpercaya. Sampai saat ini tidak pernah dilakukan gelar perkara untuk menguji apakah polisi ini mempunyai barang bukti yang benar," jelas dia.

BACA JUGA: Motif Kivlan Zen Incar Nyawa Yunarto Wijaya Versi Ahli Intelijen

Seperti diketahui, Peran Kivlan terungkap dari keterangan para saksi, pelaku dan sejumlah barang bukti. Bahkan, polisi merilis video yang berisi pengakuan salah satu tersangka yang terang-terangan mendapat arahan dari Kivlan untuk mencari eksekutor pembunuhan. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH