Film

'Pengabdi Setan 2' Segera Rilis, Mungkinkah Kembali Naik Kelas Jadi Film Horor Terlaris?

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 22 Juli 2022
'Pengabdi Setan 2' Segera Rilis, Mungkinkah Kembali Naik Kelas Jadi Film Horor Terlaris?
Pengabdi Setan 2 siap menghantuimu. (Foto: Instagram@jokoanwar)

LUANGKAN waktu sejenak di 4 Agustus 2022 untuk menyaksikan Pengabdi Setan 2: Communion. Sekuel dari film Pengabdi Setan (2017) ini akan mengajak para penonton main ke rumah susun dan mengungkap sebuah misteri di sana. Karakter bapak yang nampak menyembunyikan sesuatu pun akan menjadi misteri baru di film ini.

Ketika mendengar perilisan Pengabdi Setan 2: Communion, para penonton mungkin akan bertanya-tanya, apakah film garapan Joko Anwar ini akan kembali menjadi film horor terlaris di Indonesia? Sebab, kehadiran KKN di Desa Penari berhasil merebut takhta sebagai Film Horor Terlaris Indonesia nan sebelumnya dipegang oleh Pengabdi Setan.

Dari data yang dirilis oleh akun Instagram resmi KKN di Desa Penari, Kamis (12/5), film besutan Awi Suryadi itu menembus angka 4,5 juta penonton, melewati angka Pengabdi Setan sebanyak 4,2 juta penonton. Pencapaian itu terasa lebih manis karena KKN di Desa Penari melakukannya hanya dalam waktu 12 hari sejak penayangan perdana.

Baca juga:

Segera, Pengabdi Setan 2 Tayang Tahun Ini


Menariknya lagi, baru-baru ini pula KKN di Desa Penari resmi menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan total lebih dari 9,2 juta penonton, per Sabtu (16/7).

Film horor Pengabdi Setan yang merupakan remake dari film berjudul sama pada 1980-an, dirilis pada 28 September 2017. Pengabdi Setan menceritakan tentang salah satu anggota keluarga Rini (Tara Basro) yang terikat perjanjian dengan setan. Alur ceritanya mengisahkan tentang sebuah keluarga yang beranggotakan ayah (Bront Palarea), ibu (Ayu Laksmi), dan tiga adik laki-lakinya bernama Tony (Endy Arfian), Bondi (Nasar Annuz), dan Ian (Muhammad Ahdiyat).

Di film pertamanya, cerita lebih berfokus kepada kondisi ibu yang sakit-sakitan selama hampir tiga setengah tahun tanpa jelas penyebabnya. Segala upaya dilakuan untuk membuat sang ibu sembuh, sampai akhirnya Rini menemukan ibu terjatuh di lantai kamarnya dan meninggal.

Kematian ibu pun menjadi teror awal di rumah Rini. Teror satu per satu mulai bermunculan, mereka mengalami serangkaian kejadian aneh setelah ibu meninggal.

Baca juga:

Para Pengabdi Unjuk Gigi di 'Pengabdi Setan 2: Communion'

Nah untuk di sekuel Pengabdi Setan yang tayang 4 Agustus 2022, akan menjawab teka-teki mengapa sang bapak pergi meninggalkan keluarganya saat ibu mereka meninggal. Tak hanya itu, kisah percintan tetangga baru Rini, Fachri dan Abigail, akan dilanjut yang sebelumnya menjadi ending film pertama.

Joko Anwar juga mengajak para penonton masuk ke sebuah rumah susun yang menyeramkan. Tidak berwarna, sepi penghuni, gelap, dan ada tempat pemandian mayat. Konon, menurut sang sutradara, rumah susun itu sudah 15 tahun tidak ditempati. Tak hanya itu, di dalam trailer juga mengungkapkan bagaimana tingkah aneh sang bapak yang nampaknya menyembunyikan sesuatu dari anak-anaknya.

Di film sekuel ini pemeran di film pertama dipastikan kembali lagi, seperti Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, dan Ayu Laksmi.

Joko pun merasa tidak terbebani dengan kehadiran KKN di Desa Penari yang menjadi film horor terlaris mengalahkan filmnya sendiri. Menurutnya, kesuksesan setiap film justru dapat memberikan jalan bagi film lainnya untuk kembali mendapat kesuksesan.

"Setiap film Indonesia yang bisa memecahkan rekor dari segi penonton itu membuka jalan buat film lain. Jadi, itu adalah sesuatu yang patut disyukuri," kata Joko, saat konferensi pers di Epicenrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Ia mengatakan bahwa film horor memiliki sifat jujur yang lebih mudah dinikmati penonton. Sensasi menakutkan yang disajikan pun mampu menjadi tonton seru.

"Kalau film horor dibikin targetnya itu adalah memberikan penonton pengalaman yang menakutkan tapi seru," lanjutnya.

Senada dengan Joko, Executive Producer Rapi Films Sunil Samtani juga tidak merasa terbebani dengan rekor KKN di Desa Penari.

"Beban di kita enggak ada, yang penting penonton bisa menikmati dan tidak kecewa. Dan kalau bisa lebih bagus di part satu," ujarnya.

Sebelum menyaksikan Pengabdi Setan 2, kamu mungkin bisa me-refresh kembali bagaimana kejadian pada film pertamanya di Netflix. (and)

Baca juga:

'Pengabdi Setan 2: Communion' Ajak Penonton Main ke Rumah Susun dan Ungkap Misteri Bapak

#Pengabdi Setan #Film #Juli Warga +62 Naik Kelas #Joko Anwar
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan