Penerbitan Surat Utang Bikin Cadangan Devisa Melonjak

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 05 Februari 2021
Penerbitan Surat Utang Bikin Cadangan Devisa Melonjak
Ilustrasi Uang. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa pada Januari 2021 sebesar USD 138 miliar atau meningkat dari Desember 2020 sebesar USD135,9 miliar. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono memastikan posisi cadangan devisa pada Januari 2021 ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Baca Juga:

Peminat Surat Utang Negara Meningkat di Februari Ini

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," katanya, Jumat (5/2)

Peningkatan posisi cadangan devisa tersebut dipengaruhi oleh penerbitan Global Bonds pemerintah dan penerimaan pajak pada awal 2021.

Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Bank Indonesia. (Foto: Antara)
Caption

Sebelumnya, pemerintah melaksanakan lelang tujuh seri Surat Utang Negara (SUN) di pasar perdana, pada Selasa (2/2), dan menyerap dana sebesar Rp35 triliun dari penawaran masuk mencapai Rp83,79 triliun. Realisasi lelang tersebut memenuhi target indikatif yang ditetapkan sebelumnya Rp35 triliun. (Asp)

Baca Juga:

Pemerintah Janjikan Surat Utang Baru bagi Dunia Usaha Terdampak Corona

#Bank Indonesia #Surat Utang Negara #Cadangan Devisa
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan