Wisata Dunia
Penerbangan Tanpa Tujuan untuk Nikmati Supermoon Super blood moon di Stuttgart, Jerman saat gerhana bulan Januari 2019. (Foto: cnn.com)

QANTAS menawarkan penerbangan baru "tanpa tujuan" yang akan memberikan kesempatan kepada penduduk Australia yang rindu traveling untuk mengagumi supermoon. Penerbangan ini akan dilakukan pada akhir Mei, tepat saat gerhana bulan penuh dari ketinggian lebih dari 40.000 kaki.

Jika kamu berharap mendapatkan tiket, kamu kurang beruntung. Maskapai penerbangan Australia tersebut mengatakan tiket langsung terjual habis dalam waktu singkat, tepatnya 2,5 menit.

Baca juga:

Manuver Terakhir Boeing 747 Milik Qantas

Penerbangan supermoon adalah penawaran terbaru dari rangkaian perjalanan yang dioperasikan Qantas untuk membawa pelancong bersenang-senang, sebelum mengembalikan mereka ke tempat asal.

Tiket untuk penerbangan supermoon mulai dari AU$499 atau sekitar Rp5.539.223 untuk tiket ekonomi, sementara kelas bisnis dijual seharga AU$1.499 atau sekitar Rp16.639.871. Setelah tiket terjual habis, daftar tunggu juga dibuat, tetapi telah ditutup.

Dengan pembatasan perjalanan karena COVID-19, maskapai penerbangan menawarkan penerbangan "tanpa tujuan". (Foto: escape.com.au)

Dengan pembatasan perjalanan karena COVID-19, maskapai penerbangan menawarkan penerbangan "tanpa tujuan" yang memungkinkan penumpang naik pesawat, menikmati perjalanan, dan turun di lokasi yang sama.

Penerbangan semacam ini menjanjikan pemandangan bulan yang cukup spektakuler. Maskapai tersebut mengatakan dalam siaran pers, pihaknya bekerja dengan astronom Dr. Vanessa Moss untuk merancang "jalur penerbangan optimal di atas Samudra Pasifik."

Moss juga akan hadir untuk menghibur para pelancong dengan fakta dan wawasan tentang peristiwa bulan 26 Mei, yang disebut NASA sebagai gerhana "super blood moon".

NASA menjelaskan, "super" yang dimaksud artinya bahwa bulan purnama akan berada di dekat posisi orbit terdekatnya dengan Bumi, yang akan membuatnya lebih besar dan lebih terang bagi mata manusia.

Baca juga:

Jet Pribadi Terbaru Boeing 737 Menawarkan Interior Ala Pesawat Angkasa Luar

Dari beberapa belahan dunia, bulan akan tampak berwarna kemerahan akibat gerhana bulan total. Saat bulan melewati bayangan bumi, bulan akan terlihat lebih gelap dan lebih merah.

"Warna merah berasal dari sinar matahari yang menyaring melalui atmosfer bumi - cincin cahaya yang diciptakan oleh semua matahari terbit dan terbenam yang terjadi di sekitar planet kita pada saat itu," kata situs NASA seperti diberitakan cnn.com (15/5).

Badan antariksa AS menambahkan kemerahan bulan akan muncul "sulit diprediksi" karena ini juga dapat dipengaruhi oleh debu di atmosfer.

Gerhana bulan total, satu-satunya pada 2021, terlihat dari Australia, Selandia Baru, beberapa wilayah Pasifik, dan pantai barat AS.

Penerbangan Qantas ini akan dilakukan dengan Boeing 787 Dreamliner. "Dipilih karena jendelanya yang besar membuatnya ideal untuk memandang ke bulan," kata kepala pelanggan maskapai, Stephanie Tully, dalam sebuah pernyataan.

Penerbangan supermoon akan berlangsung selama tiga jam, berangkat dari Sydney dan terbang di atas pelabuhan kota sebelum berlayar di atas awan untuk menatap bulan dan gerhana. Wisatawan akan tetap bermasker dan harus menjaga jarak sosial di dalam pesawat.

Penerbangan supermoon adalah penawaran terbaru dari rangkaian perjalanan yang dioperasikan Qantas. (Foto: airlineratings.com)

Oktober lalu, penerbangan pertama maskapai Australia itu menjadi berita utama ketika tiket awal terjual habis dalam waktu kurang dari 10 menit.

Meskipun penerbangan semacam ini laris manis, tapi Qantas dikritik oleh beberapa orang karena "membuang" bahan bakar untuk keperluan non-esensial pada saat krisis iklim. Seorang juru bicara Friends of the Earth mengatakan kepada CNN Travel tahun lalu, mereka memandang penerbangan itu sebagai perjalanan yang tidak ada gunanya.

Qantas berjanji untuk mengimbangi 100% emisi karbon penerbangan bulan Oktober dan berencana untuk melakukan hal yang sama untuk tamasya supermoon yang akan datang.

Maskapai lain juga menjalankan penerbangan tanpa tujuan, termasuk All Nippon Airways, EVA Air, dan Hong Kong Express. (aru)

Baca juga:

Boeing 747 Maskapai Ini 'Pensiun'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tiga mahasiswi Sekolah Farmasi ITB Juara 1 pada HCC 2021
Fun
Tiga mahasiswi Sekolah Farmasi ITB Juara 1 pada HCC 2021

Tak hanya formulanya saja digarap namun juga strategi marketing dan kemasannya.

4 Jenis Teh untuk Meningkatkan Sistem Imun
Fun
4 Jenis Teh untuk Meningkatkan Sistem Imun

Ini beberapa jenis teh ini baik disajikan untuk kamu dan keluargamu.

Perjalanan Rivalitas Suporter Sepak Bola Indonesia dan Malaysia
Fun
Perjalanan Rivalitas Suporter Sepak Bola Indonesia dan Malaysia

Rivalitas sepak bola Indonesia dan Malaysia tidak hanya terjadi di lapangan.

K-Line Donasikan Lebih dari 100 Set Komputer untuk SMK di Jakarta
Fun
K-Line Donasikan Lebih dari 100 Set Komputer untuk SMK di Jakarta

Perusahaan Perkapalan dan Transportasi asal Jepang Donasikan Komputer untuk SMK di Jakarta.

Mengenang Tempat Tamasya Masa Kecil Sekaligus Ajang Ngabuburit
Hiburan & Gaya Hidup
Mengenang Tempat Tamasya Masa Kecil Sekaligus Ajang Ngabuburit

Melihat peta mini Indonesia dari atas gondola Taman Mini.

Mengenal Kecanggihan Manikur Microchip
Fun
Mengenal Kecanggihan Manikur Microchip

sebuah salon kecantikan di Dubai tengah mendapat perhatian publik. Hal itu lantaran salon tersebut menyediakan sebuah treatment dengan sentuhan teknologi canggih manikur microchip.

Hepatitis Akut pada Anak Merebak, Orangtua Wajib Waspada
Hiburan & Gaya Hidup
Hepatitis Akut pada Anak Merebak, Orangtua Wajib Waspada

Kementerian Kesehatan menyatakan telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan.

NASA Cari Partisipan untuk Tinggal di Mars Selama Setahun
Fun
NASA Cari Partisipan untuk Tinggal di Mars Selama Setahun

Partisipan akan diminta untuk menghabiskan waktunya selama satu tahun untuk melakukan simulasi Planet Merah.

Liburan di Rumah Aja, 5 Tayangan ini Cocok Ditonton Bersama Keluarga
Fun
Ini yang Jadi Penilaian Kompetisi JagoBrew 2021
Fun
Ini yang Jadi Penilaian Kompetisi JagoBrew 2021

Babak Quarter Final dan Final diselenggarakan pada Minggu (28/11)