Penerbangan Belitung-Singapura Dibuka, Anggota DPD RI Apresiasi Jokowi Foto bersama Wakil Ketua DPD, anggota DPD bersama pejabat Kemenpar dan stakeholder daerah di BW Suites Hotel, Belitung pada Selasa (28/11). (Foto Ist)

PENERBANGAN perdana di atas langit Belitung-Singapura akan terjadi 15 Desember mendatang. Sriwijaya Air bakal menjadi maskapai pertama yang menerbangkan penumpang dari Tanjung Pandan ke Singapura dan rute sebaliknya.

Rute internasional yang telah lama ditunggu-tunggu pemerintah daerah dan warga Belitung. Kehadiran rute ini jelas mendukung kemajuan sektor pariwisata pulau yang pada masa kolonial dijuluki Karibia dari Timur. Jika pernah berlibur ke Belitung atau nonton film Laskar Pelangi, Anda tentu lah bakal setuju dengan Kolonial yang menyebut Belitung sebagai salah satu pulau terindah kelas dunia.

Pantai, pasir putih, batu granit dan udara tanpa polusi menjadikan Belitung ibarat surga yang ada di Indonesia. Makanannya yang unik dan enak juga menjadikan pulau ini surga kuliner bagi para foodie. Keindahan alam dan kekayaan kuliner itu lah yang telah lama dipromosikan pemerintah daerah kepada turis lokal dan mancanegara.

Dengan semua keindahannya itu, boleh lah warga Belitung berbangga hati dengan kekayaan alam dan kuliner yang ada di daerah mereka. Apalagi kini, setelah pemerintah mendukung pembukaan rute internasional. Artinya, kerja keras mereka mengembangkan pariwisata Belitung telah dilirik pemerintah pusat.

"Terwujudnya penerbangan Belitung-Singapura ini salah satu hasil kerja nyata. Kita sebagai putra daerah bangga karena dengan terangkatnya potensi pariwisata di daerah baru, praktis menambah jumlah lapangan kerja bagi masyarakat sekitar," tutur anggota DPR RI, Tellie Gozelie, kepada Merahputih.com, Selasa (28/11), di Belitung.

Pembukaan rute internasional Belitung-Singapura ini juga berarti akan ada penambahan devisa bagi negara. Mungkin dampaknya ini tidak akan cepat terasa, namun ke depan peluang besar datangnya turis asing ke Belitung tinggal menunggu waktu. Melihat besarnya manfaat yang diperoleh Tellie pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Presiden RI, Joko Widodo, dan pemerintah pusat.

Di mata Bupati Belitung Sahani Saleh, kehadiran penerbangan internasional Belitung-Singapura juga akan menambah semangat pemerintah kabupaten untuk mengembangkan pariwisata Karibia dari Timur ini. Orang dari luar pun akan semakin yakin dan percaya pariwisata Belitung ini luar biasa. Demi menambah kepercayaan turis, bupati yang biasa disapa Sanem itu sering meminta bantuan media untuk mempromosikan Belitung melalui pemberitaan yang positif.

Kini, dengan adanya rute internasional, Belitung tak hanya menjadi destinasi wisata nasional tetapi juga internasional. Maju terus, Karibia dari Timur! (*)

Dapatkan informasi lain mengenai rute internasional Belitung-Singapura ini pada artikel Maskapai ini Siap Angkut Turis dari Singapura ke Tanjung Pandan, Mantap!

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH