Penemu Teori Black Hole, Stephen Hawking, Tutup Usia Stephen Hawking. (Foto: Instagram/@stephenhawking/befreetoday.com.au)

MASIH ingat teori black hole alias lubang hitam? Black hole temuan Stephen Hawking ini disebut-sebut disebagai gerbang menuju galaksi lain.

Nama ilmuwan asal Inggris memang tidak bisa dilepaskan dari teori black hole. Dan kini, di usianya yang ke-76 tahun, sang profesor meninggal dunia.

Kabar duka ini dilansir Variety. Di laman tersebut terungkap kalau Stephen ditemukan meninggal di rumahnya di Cambridge, Inggris.

Pria kelahiran Oxford itu adalah anak pertama dari empat bersaudara. Ia jebolan perguruan tinggi ternama di Inggris. Popularitasnya setara dengan Albert Einstein.

Sebagai fisikawan, ia telah banyak mendapat penghargaan. Salah satunya adalah gelar kehormatan Ordo Imperium Britania BNE dari Kerajaan Inggris.

Kisah Stephen juga pernah diangkat dalam bentuk film ‘The Theory of Everything’. Dibintangi Eddie Redmayne yang berperan sebagai Hawking, film ini masuk daftar nominasi Oscar pada 2014.

Redmayne juga mendapat predikat ‘Best Actor’ di ajang Academy Award atas aktingnya sebagai Stephen Hawking.

Di usia 21 tahun, Stephen didiagnosis menderita gangguan syaraf motorik dan umurnya diprediksi hanya tersisa dua tahun lagi. Ternyata penyakitnya itu berkembang lebih lambat ketimbang prediksi dan dia bisa hidup hingga usia 76 tahun.

Pada 1970 dia membuat terobosan ilmiah pertamanya. Ia dan Roger Penrose mengembangkan teori lubang hitam. Penemuannya dilanjutkan dengan serangkaian inovasi, termasuk proposal yang menyebabkan radiasi panas.

Stephen dipilih maju ke Royal Society pada 1974. Usianya saat itu terbilang muda, 32 tahun. Lima tahun kemudian, dia juga menjadi profesor matematika di Cambridge. Jabatan ini pernah dipegang Isaac Newton dan Charles Babbage.

Stephen mampu mempertahankan jabatannya selama 30 tahun hingga kemudian ditunjuk menjadi direktur penelitian di Centre for Theoretical Cosmology.

Selamat jalan, Stephen Hawking! Terima kasih atas sumbangsihmu. (*)

Baca juga artikel terbaru lain di sini.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH