Penembakan Masjid di Selandia Baru Tewaskan 40 Orang Ambulans membawa seorang korban penembakan di salah satu masjid di Christchurch, Selandia Baru. Foto: Associated Press/Market Watch

MerahPutih.com - Penembakan brutal terjadi di dua masjid di Selandia Baru pada Jumat (15/3) waktu setempat. Dilaporkan 40 orang tewas dalam insiden tersebut.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyebut serangan yang terjadi di Masjid Al Noor dan Linwood yang berada di wilayah Christchurch merupakan serangan teroris.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern

"30 orang meninggal dunia di Masjid Al Noor dan 10 korban berada di Masjid Linwood. Sedangkan, 20 korban luka-luka dibawa ke rumah sakit terdekat," kata Ardern dilansir The New York Times, hari ini.

PM Ardern menyatakan bahwa polisi sudah menangkap empat pelaku penembakan yang terdiri dari tiga pria dan satu perempuan. Salah satunya adalah warga Australia.

Ardern menuturkan keempat tersangka tersebut tidak masuk dalam pantauan daftar teroris aparat keamanan Selandia Baru. Ia juga menaikkan status keamanan negaranya menjadi level tinggi.

"Ada peningkatan keamanan sehingga kami dapat memastikan keselamatan warga," tegasnya.

Petugas kesehatan mengevakuasi korban penembakan di salah satu masjid. Foto: Reuters

Sementara itu, Komisaris polisi Selandia Baru, Mike Bush, meminta agar umat Islam untuk tidak pergi ke masjid di seluruh Selandia Baru untuk mencegah insiden serupa. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH