Kesehatan
Penelitian Ungkap Hubungan Penggunaan Ganja dan Pikiran Bunuh Diri Menurut penelitian ada kecenderungan tindak bunuh diri pada penggunana ganja. (Foto: Unsplash/Stefano Pollio)

PENGGUNAAN ganja memiliki hubungan dengan potensi yang lebih tinggi untuk berpikir tentang bunuh diri pada orang dewasa muda. Demikian menurut sebuah studi dari Institut Kesehatan Nasional AS yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open pada Selasa (23/6).

Studi survei itu memeriksa data dari lebih dari 281.000 orang dewasa berusia 18 hingga 34 tahun, yang berpartisipasi dalam Survei Nasional Penggunaan dan Kesehatan Narkoba dari 2008 hingga 2019. Orang dewasa ini menjawab pertanyaan tentang penggunaan atau ketegantungan ganja, episode depresi berat, dan bunuh diri (yang meliputi ide, rencana, atau upaya bunuh diri) dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga:

Minum Kopi Tiap Hari Mampu Mengurangi Risiko Penyakit Liver

kesehatan
Bunuh diri dan pemikiran bunuh diri adalah multifaktorial, pengalaman dan perilaku yang kompleks. (Foto: 123RF/Tinnakorn Jorruang)

Peserta dianggap memiliki gangguan penggunaan ganja jika mereka telah mengembangkan toleransi; menggunakan ganja dalam jumlah yang lebih besar atau dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang dimaksudkan; tidak mampu mengurangi penggunaan ganja; menghabiskan banyak waktu untuk memperoleh, menggunakan, atau memulihkan diri dari efek ganja; melepaskan kegiatan dan kewajiban penting demi ganja; dan melanjutkan penggunaan ganja meskipun ada konsekuensi negatif.

Penulis penelitian tersebut mengatakan, mereka mendasarkan kriteria diagnostik dari beberapa karakteristik gangguan penggunaan ganja yang dijelaskan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders keempat atau DSM IV.

"Meskipun kami tidak dapat menetapkan bahwa penggunaan ganja menyebabkan peningkatan bunuh diri yang kami amati dalam penelitian ini, asosiasi ini memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama mengingat beban bunuh diri yang besar pada orang dewasa muda," kata Direktur Institut Penyalahgunaan Narkoba Nasional AS Dr. Nora Volkow, penulis senior studi, dalam sebuah pernyataan yang diberitakan cnn.com (28/6).

"Dengan menggunakan data yang representatif secara nasional, kami menemukan bahwa tren dalam ide, rencana, dan upaya bunuh diri bervariasi menurut pola penggunaan ganja ... di antara orang dewasa berusia 18 hingga 34 tahun dari 2008 hingga 2019, masa peningkatan yang nyata dalam penggunaan ganja dan bunuh diri," tulis para penulis dalam penelitian tersebut.

Baca Juga:

Penyintas Autoimun Negeri Aing Gemakan Kampanye Se-Asia Tenggara Hapus Stigma Negatif Psoriasis

kesehatan
Beberapa karakteristik penyalahgunaan ganja yang dijelaskan dalam DSM IV. (Foto: 123RF/natagolubnycha)

Bahkan peserta yang mengatakan mereka tidak menggunakan ganja setiap hari - atau kurang dari 300 hari per tahun - "lebih mungkin memiliki ide bunuh diri dan merencanakan atau mencoba bunuh diri daripada mereka yang tidak menggunakan narkoba sama sekali," demikian temuan peneliti tersebut.

"Asosiasi ini tetap terlepas dari apakah seseorang juga mengalami depresi," menurut rilis berita untuk penelitian itu. Dari peserta penelitian yang tidak mengalami episode depresi berat pada tahun sebelumnya, sekitar 3 persen dari mereka yang tidak menggunakan ganja melaporkan pikiran untuk bunuh diri, dibandingkan dengan sekitar 7 persen yang tidak menggunakan ganja setiap hari, sekitar 9 persen. yang menggunakan ganja setiap hari, dan 14 persen dengan gangguan penggunaan ganja.

Di antara orang-orang yang melaporkan mengalami episode depresi berat dalam satu tahun terakhir, 35 persen yang tidak menggunakan ganja mengalami pikiran untuk bunuh diri, dibandingkan dengan 44 persen peserta yang tidak menggunakan ganja setiap hari, 53 persen orang yang menggunakan ganja setiap hari dan 50 persen peserta yang memiliki gangguan penggunaan ganja.

Penelitian yang "menghasilkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban," demikian kata Dr. Lucien Gonzalez, asisten profesor di departemen psikiatri dan ilmu perilaku di University of Minnesota Medical School. Dia yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Baca Juga:

Psikolog Ungkap Bahayanya Konten Dewasa Bagi Anak

kesehatan
Studi survei itu memeriksa data dari lebih dari 281 ribu orang dewasa berusia 18 hingga 34. (Foto: 123RF/blanscape)

"Bunuh diri dan pemikiran bunuh diri adalah multifaktorial, pengalaman dan perilaku yang kompleks. Ada banyak teori tentang faktor penyebab dalam upaya bunuh diri dan kematian karena bunuh diri, namun kami masih memiliki pemahaman yang tidak lengkap," kata Gonzalez kepada CNN melalui email.

Selain tidak mendeteksi hubungan sebab akibat antara ganja dan bunuh diri, katanya, desain penelitian tidak "mengumpulkan momen kompleks ketika upaya bunuh diri terjadi, atau bagaimana penggunaan ganja mungkin atau mungkin tidak berhubungan."

Faktor lain yang mungkin mempengaruhi perbedaan rasial, kata Gonzalez, adalah bagaimana penggunaan ganja dapat menyebabkan konsekuensi hukum, kejuruan, atau sosial yang tidak proporsional mungkin berkontribusi pada upaya bunuh diri. (aru)

Baca Juga:

Tiga Makanan Sehat ini Ternyata Tidak Terlalu Menyehatkan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ajang Pencari Bakat Salurkan Energi dan Kreativitas Generasi Muda
ShowBiz
Ajang Pencari Bakat Salurkan Energi dan Kreativitas Generasi Muda

BINTANG SMA merupakan ajang pencarian bakat secara online untuk anak SMA dan sederajat

Hewan di Video Game ini Sangat Diinginkan dalam Kehidupan Nyata
Fun
Hewan di Video Game ini Sangat Diinginkan dalam Kehidupan Nyata

Meskipun hanya imaninasi kreator namun tak ada salahnya bila memang nyata.

Film 'Makmum 2' Pecahkan Rekor Box Office Indonesia Sepanjang 2021
ShowBiz
Film 'Makmum 2' Pecahkan Rekor Box Office Indonesia Sepanjang 2021

Makmum 2 meraih lebih dari 220 ribu tiket selama empat hari perilisan.

Destinasi Wisata Terbaik untuk Pergi Liburan Bersama Anak
Fun
Destinasi Wisata Terbaik untuk Pergi Liburan Bersama Anak

Panduan lokasi liburan yang tepat ketika pergi dengan bayi, anak kecil, dan remaja.

Unik, Pria Bosnia Bangun Rumah Berputar 360 Derajat
Fun
Unik, Pria Bosnia Bangun Rumah Berputar 360 Derajat

Kamu bisa melihat pemandangan dari beragam sudut melalui rumah ini.

Rasakan Pengalaman Mudik Jalur Darat dengan Bus Mewah
Fun
Rasakan Pengalaman Mudik Jalur Darat dengan Bus Mewah

Sepanjang perjalanan akan terasa nyaman.

Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan
Fun
Cara Mengetahui Perasaan Gebetan Berdasarkan Kecepatannya Membalas Pesan

Jika sudah beberapa hari tak dibalas, jangan sungkan untuk ghosting

Manis Legit Surabi Khas Sunda
Kuliner
Manis Legit Surabi Khas Sunda

Empuk dan padat di semua bagian.

Catatkan Rekor, Seorang Pemain Selesaikan 'Elden Ring' Kurang dari 25 Menit
Fun
Catatkan Rekor, Seorang Pemain Selesaikan 'Elden Ring' Kurang dari 25 Menit

Seorang speedrunner bernama Hazeblade berhasil selesaikan Elden Ring kurang dari 25 Menit.

Mezzaluna Rilis Single ‘In Situ’, Ceritakan Soal Putus Asa
ShowBiz
Mezzaluna Rilis Single ‘In Situ’, Ceritakan Soal Putus Asa

Mezzaluna menjadi selebritas Indonesia pertama yang bergabung dengan OFFMUTE.