Kesehatan

Penelitian Terbaru: Golongan Darah A Kemungkinan Lebih Rentan Tertular Corona

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 18 Maret 2020
Penelitian Terbaru: Golongan Darah A Kemungkinan Lebih Rentan Tertular Corona
Golongan darah A rentan virus Corona dibanding O (Foto: Pixabay/jarmoluk)

SETELAH status COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO), ilmuwan dari berbagai negara melakukan beragam penelitian terkait penyebarannya. Termasuk di negara tempat kasus virus Corona pertama kali ditemukan, Tiongkok.

Baca juga:

Vaksin Corona Sudah Ada, Seperti Apa Khasiatnya?

Menurut sebuah studi pendahuluan baru yang dilakukan di Tiongkok, orang dengan golongan darah A mungkin lebih rentan terhadap virus Corona, sedangkan mereka yang memiliki darah tipe O bisa lebih resistan. Dilansir dari laman thestar, peneliti medis di Tiongkok mengambil pola golongan darah lebih dari 2.000 pasien yang terinfeksi virus di Wuhan dan Shenzhen, lalu membandingkannya dengan populasi sehat setempat.

Para peneliti yang tergabung dalam tim menemukan bahwa pasien golongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan mereka cenderung mengalami gejala yang lebih parah. Sedangkan, golongan darah O memiliki risiko yang secara signifikan lebih rendah untuk penyakit menular dibandingkan dengan golongan darah non-O.

Penelitian Terbaru: Golongan Darah A Kemungkinan Lebih Rentan Tertular Corona
Para peneliti menguji dengan mengambil pola golongan darah (Foto: Twitter/@ChinaScience)

"Orang-orang dari golongan darah A mungkin perlu memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan infeksi," tulis para peneliti di Center for Evidence-Based dan Medicine Translational yang berbasis di Wuhan.

Namun, tim yang dipimpin oleh Wang Xinghuan menyatakan bahwa studi ini baru penemuan 'awal', dan masih dikembangkan untuk temuan yang konkret. Tim peneliti mendesak pemerintah dan fasilitas medis untuk mempertimbangkan perbedaan golongan darah ketika merencanakan langkah-langkah mitigasi atau merawat pasien dengan virus.

Baca juga:

Pandemi Corona, Mengapa 'Social Distancing' Perlu Dilakukan?

Penelitian Terbaru: Golongan Darah A Kemungkinan Lebih Rentan Tertular Corona
Golongan darah A memiliki persentase kematian 61% lebih tinggi dibanding O (Foto: Unsplash/hikendal)

Studi ini juga memeriksa 206 pasien yang meninggal akibat virus Corona. Sebanyak 85 korban memiliki golongan darah A, sedangkan 52 korban memiliki golongan darah O. Golongan darah A memiliki persentase kematian 61% lebih tinggi dari golongan darah O.

Melansir laman nypost, para ilmuwan yang tidak terlibat dengan penelitian ini mengatakan kepada South China Morning Post bahwa ukuran sampel yang jauh lebih besar diperlukan untuk memandu praktik medis.

Jika golongan darah kamu tipe A, tidak perlu panik, itu tidak berarti kamu akan terinfeksi 100%. Dan jika kamu tipe O, itu tidak berarti kamu benar-benar aman juga. Mencuci tangan dan mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh pihak berwenang perlu diterapkan. (Arb)

Baca juga:

Teladan! Ini Alasan Pemulihan Corona di Korea Selatan Berlangsung Cepat

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona #Virus #Penyebaran Virus
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan