Penelitian: Kekurangan Vitamin D Membuat Kondisi Pasien COVID-19 Lebih Parah

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 17 Februari 2022
Penelitian: Kekurangan Vitamin D Membuat Kondisi Pasien COVID-19 Lebih Parah
Penting bagi setiap orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin D selama pandemi sesuai saran resmi. (Foto: freepik/freepik)

ORANG yang kekurangan vitamin D lebih mungkin memiliki kasus COVID-19 yang parah atau kritis, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Studi ini didasarkan pada data dari dua gelombang pertama virus corona Israel sebelum vaksin tersedia secara luas. Para ilmuwan menekankan bahwa suplemen vitamin bukanlah pengganti vaksin tetapi dapat membantu tingkat kekebalan.

“Kami merasa luar biasa, dan mengejutkan, untuk melihat perbedaan dalam kemungkinan menjadi pasien parah ketika kamu kekurangan vitamin D dibandingkan saat kamu tidak kekurangan vitamin D,” Amiel Dror, MD, penulis studi utama dan seorang dokter di Galilee Medical Center, kepada The Times of Israel.

Baca juga:

Seorang Pria Positif COVID-19 Selama 14 Bulan, Kok Bisa?

Meski penelitian dilakukan sebelum varian Omicron, katanya, virus corona belum cukup berubah untuk meniadakan efektivitas vitamin D.

“Apa yang kami lihat ketika vitamin D membantu orang dengan infeksi COVID adalah hasil dari efektivitasnya dalam memperkuat sistem kekebalan untuk menghadapi patogen virus yang menyerang sistem pernapasan. Ini sama-sama relevan untuk Omicron seperti untuk varian sebelumnya,” dia menjelaskan.

Pasien dengan kekurangan vitamin D, 14 kali lebih mungkin memiliki kasus COVID-19 yang parah atau kritis. (Foto: freepik/freepik)
Pasien dengan kekurangan vitamin D, 14 kali lebih mungkin memiliki kasus COVID-19 yang parah atau kritis. (Foto: freepik/freepik)

Tim peneliti mengamati kadar vitamin D untuk lebih dari 250 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Galilee Medical Center di Nahariya, Israel, dengan tes positif COVID-19 antara April 2020 dan Februari 2021. Kadar vitamin D didasarkan pada pengujian yang dilakukan sebelum rawat inap sebagai bagian dari pemeriksaan darah rutin, atau untuk defisiensi vitamin D, berkisar antara 14 hingga 730 hari sebelum tes PCR positif.

Pasien dengan kekurangan vitamin D, 14 kali lebih mungkin memiliki kasus COVID-19 yang parah atau kritis. Terlebih lagi, tingkat kematian bagi mereka yang memiliki kadar vitamin D yang tidak mencukupi adalah 25,6 persen, dibandingkan dengan 2,3 persen di antara mereka yang memiliki kadar vitamin D yang memadai.

Perbedaan masih berlaku setelah peneliti mengontrol usia pasien, jenis kelamin, dan riwayat penyakit kronis.

Baca juga:

Tes PCR Tak Perlu Dilakukan Berulang? Ini Kata Dokter

Pejabat kesehatan di beberapa negara telah merekomendasikan suplemen vitamin D selama pandemi, meskipun data masih sedikit. Studi terbaru menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D, COVID-19 yang parah, dan rawat inap, meskipun para peneliti bertanya-tanya apakah virus corona yang menyebabkan kekurangan tersebut.

Selain dari suplemen, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi. (Foto: freepik/jcomp)
Selain dari suplemen, vitamin D juga dapat diperoleh dari sinar matahari pagi. (Foto: freepik/jcomp)

Untuk menjawab pertanyaan itu, Dror dan rekannya melihat lebih dekat data di antara pasien Israel untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kadar vitamin D mereka sebelum infeksi COVID-19.

“Kami memeriksa berbagai kerangka waktu dan menemukan bahwa di mana pun kamu melihat selama dua tahun sebelum infeksi, korelasi antara vitamin D dan tingkat keparahan penyakit sangat kuat,” ujarnya.

“Ini menekankan pentingnya setiap orang untuk mengonsumsi suplemen vitamin D selama pandemi, yang dikonsumsi dalam jumlah yang masuk akal sesuai dengan saran resmi, tidak memiliki kerugian apa pun,” demikian Dror. (aru)

Baca juga:

Bagaimana Hubungan Musik dan Pikiran Seseorang?

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan