Peneliti LIPI Menilai Kebangkitan PKI Bagaikan Mimpi di Siang Bolong

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 06 Maret 2018
Peneliti LIPI Menilai Kebangkitan PKI Bagaikan Mimpi di Siang Bolong
Bendera PKI yang sudah dicoret. Foto: Ist

MerahPutih.com - Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zein mengatakan, Partai Komunis Indonesia (PKI) akan kembali bangkit di tahun 2019. Pasalnya, menurut Kivlan jumlah pengikut PKI sudah mencapai 15 juta dan jika digabung dengan anak cucunya plus simpatisannya bisa mencapai 60 juta.

Menanggapi hal tersebut, peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris menilai, pernyataan Kivlan yang menyebut partai berideologikan Marxisme-Leninisme itu akan bangkit bagaikan mimpi di siang bolong.

"Sudahlah itu mimpi di siang bolong. Sudah lupakan lah," kata Haris saat ditemui di kantor Indonesian Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (6/3).

Menurut dia, pernyataan Kivlan yang menyebut jumlah pengikut PKI sudah mencapai 15 juta dan jika digabung dengan anak cucunya plus simpatisannya bisa mencapai 60 juta itu tidak berdasar.

"Kita semua juga tau Kivlan itu siapa, dia bikin isu yang nggak jelas asal usulnya," ujar Profesor Riset bidang perkembangan politik Indonesia ini.

Senada dengan Haris, sebelumnya pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, mustahil bila PKI kembali bangkit. Pasalnya, menurut dia, ideologi komunis tidak cocok diterapkan di Indonesia.

Terlebih, Ketetapan (TAP) MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI) masih berlaku. Oleh sebab itu, segala hal yang berbau paham komunis merupakan hal terlarang.

"PKI dalam konteks Indonesia sudah tidak bisa lagi. Tidak mungkin orang mau sama rata sama rasa. Misalkan dosen dengan buruh penghasilannya sama, nggak mungkin. Ideologi yang dianut PKI sudah tidak cocok dengan kondisi Indonesia sekarang," kata Ujang kepada MerahPutih.com, Minggu (4/3).

Dia lantas mencontohkan, negara Tiongkok yang notabenya menganut komunisme tidak menerapkan ideologi tersebut secara konsisten. Mengingat, saat ini mazhab ekonomi negara Tiongkok sudah liberal.

"Makanya di China pun yang sesungguhnya komunis, konsep ekonominya liberal dengan perdagangan bebas. Artinya negaranya otoriter tapi konsep ekonominya pasar bebas," jelas Ujang.

Karena itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini meragukan pernyataan Kivlan Zen. Menurut dia, pernyataan mantan Kepala Staf Kostrad itu tidak berdasar dan cenderung utopis.

"Komentar tersebut harus didasarkan dengan fakta dan data yang ada," pungkas Ujang.

Sebagai informasi, Kivlan Zen memprediksi, PKI akan melakukan berbagai cara untuk merebut kekuasaan di 2019 nanti. Keyakinan itu karena saat ini saja sudah muncul simbol-simbol PKI. (Pon)

Baca juga: Admin MCA Ditangkap, Kivlan Zen: Niat Baik Sebarkan Kebangkitan PKI Kok Dibilang Hoax

#LIPI #Kivlan Zen #Partai Komunis Indonesia (PKI)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan