Peneliti Formappi Sebut Wakil Rakyat Gadaikan SK Demi Gaya Hidup Peneliti Formappi Lucius Karus. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.Com - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus tak heran bila anggota DPRD menggadaikan Surat keputusan (SK) penetapan sebagai anggota DPRD DKI periode 2019-2024 ke Bank DKI sebagai jaminan kredit multiguna.

Sebab menurut dia, anggota Legislatif Kebon Sirih di masa kampaye legislatif lalu jor-joran mengeluarkan dana. Ia juga menduga ada politik uang sehingga mereka meminjam uang ke Bank DKI.

Baca Juga:

Syarif Akui 30 Persen Anggota DPRD dari Gerindra Gadai SK Penetapan

"Pengeluaran terbanyak saya duga untuk aksi money politics. Ini pengeluaran yang tak terduga dan tak terukur," kata Lucius saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (19/9).

Alasan lain anggota DPRD 'sekolahkan' SK penetapan, lanjut dia, lantaran gaya hidup yang mewah sehingga ketika menjabat harus ada banyak uang untuk mencapai pamornya di masyarakat.

Anggota DPRD DKI Jakarta
Anggota DPRD DKI Jakarta saat pelantikan (MP/Aropih)

"Soal gaya hidup itu yang juga sangat penting. Sebagian anggota menganggap terpilih jadi anggota DPRD sekaligus membuatnya naik kelas menjadi pejabat. Dan jadi pejabat otomatis mesti dengan tampilan wah. Maka perlu duit untuk mendandani diri," katanya.

"Mereka ini umumnya yang tak peduli dengan fungsi dan kewenangan DPRD, tapi hanya mau petantang petenteng dengan jabatan saja," sambungnya.

Lebih lanjut, Lucius mejuturkan, kampanye bagi para caleg harus bermodalkan dana yang sangat besar, tak menutup kemungkinan para anggota parlemen untuk meminjam uang terlebih dahulu lalu menyelesaikan utang mereka dengan cara gadai surat.

"Pengeluaran besar masa kampanye membuat anggota DPRD berhutang dan kini harus memulai pekerjaan dengan terlebih dahulu membereskan hutang mereka. Karena bagaimanapun, rasanya memalukan menjadi wakil rakyat dengan hutang yang belum terbayar," tutupnya.

Seperti diketahui, Corporate Secretary Bank DKI Herry Djufraini mengatakan, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta menggadaikan surat keputusan (SK) penetapan Anggota DPRD DKI periode 2019-2024 ke Bank DKI sebagai jaminan kredit multiguna.

Baca Juga:

Anggota DPRD Gadaikan SK Penetapan ke Bank DKI Untuk Pinjam Uang

Ia pun menuturkan, bahwa anggota Legislatif Kebon Sirih yang menggadaikan SK telah menerima pinjaman dari Bank DKI.

"Sudah ada beberapa anggota dewan mengajukan dan telah menerima (pinjaman)" kata Herry saat dihubungi, Rabu (18/9).(Asp)

Baca Juga:

Proses Revisi UU KPK Secepat Kilat, Formappi Kritik DPR

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH