Teknologi
 Pendukung Trump Bikin Freedom Phone, Apa Itu? Para pendukung Donald Trump membuat Freedom Phone (Foto: freedom phone)

BELUM lama ini seorang pendukung mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, membuat sebuah ponsel pintar bernama Freedom Phone. Ponsel yang menargetkan kelompok sayap kanan tersebut kabarnya menjanjikan fitur privasi serta keamanan canggih. Tak hanya itu, toko aplikasi pada ponsel tersebut dikabarkan antisensor.

Freedom Phone dibuat seorang jutawan kripto sekaligus pendukung trump, Erik Finman. Pria berusia 22 tahun tersebut mengatakan ponsel senilai USD 500 atau sekitar Rp 7,2 juta itu dapat membebaskan penggunanya dari pengaruh big tech, seperti Apple, Facebook, dan Google.

Freedom phone kabarnya memiliki spesifikasi canggih. (foto: freedom phone)

Baca Juga:

Canggih, Vivo Patenkan Ponsel Dengan Kamera Terbang

Lewat video promosinya, Finman meknglaim Freedom Phone merupakan ponsel terbaik di dunia. Namun sayangnya, pada situs resmi Freedom Phone, tidak dicantumkan spesifikasi detail ponsel.

Menurut ahli siber sekaligus co-founder Hacker House, Matthew Hickey, ponsel Freedom Phone diduga merupakan ponsel Android murah buatan Tiongkok yang di-rebrand.

"Berdasarkan foto dari situs perusahaan, sejumlah detektif internet mengidentifikasi perangkat ini memiliki form factor, bentuk dan penampilan yang sama seperti Umidigi A9 Pro," tutur Hickey seperti dikutip Gizmodo.

Lebih jauh Hickey menjelaskan ponsel seperti itu dapat dibeli dalam jumlah banyak. Logo serta branding khusus pada ponsel itu terlihat seperti ponsel custom.

Harga ponsel Umidigi yang diduga basic dari Freedom Phone tersebut jauh lebih murah ketimbang Freedom Phone, yakni USD 120 atau sekitar Rp 1,7 juta.

Mengenai dugaan tersebut, Finman mengonfirmasi Freedom Phone memang betul dibuat Umidigi, tapi dia tidak menyebutkan model spesifiknya. Anehnya, Finman mengaku ponsel dibuat di Hong Kong, sedangkan pusat Umidigi berada di Shenzhen, Tiongkok.

Ponsel yang bernama Freedom Phone itu dikabarkan menggunakan chipset MediaTek, yang banyak digunakan pada ponsel Android kelas low-end. Mengenai hal itu, Hickey menuturkan chipset tersebut identik dengan banyak bug, dan rentan terhadap ancaman keamanan. Dengan begitu, privasi ponsel tersebut tentu tak secanggih yang diklaim Finman.

Finman mengklaim Freedom Phone berbeda dengan ponsel Android atau iPhone, karena dapat melindungi pengguna dari pengumpulan data pribadi.

Para pendukung Donald Trump mengklaim freedom phone memiliki fitur keamanan canggih (Foto: pixabay/pexels)

Tak hanya itu, Finman juga menyebutkan bahwa Freedom Phone menggunakan sistem operasi bernama FreedomOS, yang merupakan Android versi modifikasi.

Baca Juga:

Waspada Aplikasi Oksimeter Palsu, Bisa Mencuri Data Ponsel dan Sidik Jari

Ponsel itu pun mempunyai toko aplikasi PatriApp yang diklaim oleh Finman tidak bisa disensor. Namun, Finman tak menjelaskan mekanisme keamanan yang telah diterapkan pada toko aplikasi, guna menjaga masuknya malware serta aplikasi berbahaya.

Sejumlah aplikasi privasi yang tersedia pada ponsel tersebut, antara lain ykani Signal, DuckDuckGo dan Brave. Kemudian, tersedia pula aplikasi favorit sayap kanan pendukung Trump, yakni Gab, Parler, Newsmax, Rumble dan sebagainya.

Aplikasi Parler serta Gab, sebelumnya pernah dicekal dari toko aplikasi Google Play Store serta Apple App Store, paska kerusuhan di Gedung Capitol, Amerika Serikat.

Keanehan lainnya pada Freedom Phone, fitur privasi serta keamanan yang ditawarkan tampak tidak sesuai dengan klaim Finman. Harganya terlalu mahal untuk ponsel yang spesifikasinya 'tidak jelas'.

Setelah Trump tak lagi menjadi Presiden AS dan dicekal berbagai platform media sosial, para pendukungnya terus membuat platform alternatif bagi kelompok konservatif. Hal itu agar mereka bisa terlepas dari Facebook dan platform lainnya. Namun, rata-rata tidak bertahan lama, dan tidak sedikit yang bermasalah. (Ryn)

Baca Juga:

Xiaomi akan Hadirkan Ponsel dengan Kamera 192 Megapiksel

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Alasan Bayi Harus Digendong Tiga Bulan Pertama
Fun
Alasan Bayi Harus Digendong Tiga Bulan Pertama

Selama ini kita berpikir bahwa usia kehamilan hanya terdiri dari tiga trimester

Dana Game 'Coral Island' Terkumpul Hingga Puluhan Milyar di Kickstarter
Fun
Dana Game 'Coral Island' Terkumpul Hingga Puluhan Milyar di Kickstarter

Dana yang terkumpul untuk mengembangkan game Coral Island di luar ekspektasi.

Single 'Red Knight' Jadi Simbol Kebangkitan Gergasi Api
ShowBiz
Single 'Red Knight' Jadi Simbol Kebangkitan Gergasi Api

Red Knight merupakan sebuah simbol dari semangat api.

Line Buka Banyak Stiker dengan Langganan Stiker Premium
Fun
Line Buka Banyak Stiker dengan Langganan Stiker Premium

Line menawarkan keseruan dalam mengobrol di aplikasinya.

Tanaman Karnivora, antara Hobi, Bisnis dan Teman Saat Isolasi Mandiri
Fun
Tanaman Karnivora, antara Hobi, Bisnis dan Teman Saat Isolasi Mandiri

Seiring berjalannya waktu, rasa penasaran tentang tanaman karnivora semakin tinggi. Akupun 'Ngilmu di Negeri Aing' dengan ...

Game Terbaik PS5, Mainkan Sebelum 2021 Berakhir
Fun
Game Terbaik PS5, Mainkan Sebelum 2021 Berakhir

Mainkan dan rasakan keseruannya.

10 Hidangan Nasi Paling Populer se-Asia, Masakan Indonesia Mendominasi
Kuliner
Sekuel Kedua ‘Bridgerton’ Siap Produksi di Musim Semi
Fun
Sekuel Kedua ‘Bridgerton’ Siap Produksi di Musim Semi

Sekuel keduanya sudah ditunggu-tunggu penggemar.

Kenali Jenis Air Coolant yang Cocok untuk Mobil Kamu
Fun
Kenali Jenis Air Coolant yang Cocok untuk Mobil Kamu

Water coolant memiliki teknologi yang menjadi standar mobil yang kamu gunakan.