Game

Pendiri Razer dan Pionir Mouse Gaming Robert Krakoff Tutup Usia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 04 Mei 2022
Pendiri Razer dan Pionir Mouse Gaming Robert Krakoff Tutup Usia
Robert Krakoff pendiri Razer tutup usia. (Foto: Razer)

ROBERT 'Razerguy' Krakoff, salah satu pendiri dan mantan presiden perusahaan perangkat keras gim Razer meninggal dunia, Selasa (26/4/2022) pada usia 81 tahun. Kamu mungkin tak mengenalnya namun warisan temuan Krakoff menjangkau seluruh dunia, bahkan sudah pernah kamu sentuh.

Melansir The Verge, pada 1999 Krakoff sosok penting dibalik munculnya mouse gaming pertama di dunia yaitu Razer Boomslang. Bukan hanya menjadi dasar dari lahirnya berbagai mouse gaming dengan fitur kelas dunia tapi juga menjadi pijakan awal bagi industri gim dan esports.

Krakoff bahkan pernah muncul dalam iklan Razer Boomslang pada 2002 bersama dengan gamer profesional, Johnathan 'Fatal1ty' Wendel. Wendel menandatangani kerja sama sponsor dengan Razer jauh sebelum kata esports ditemukan.

Baca juga:

Kerja Sama Razer dan Nio Ciptakan Mobil SUV Impian Para Gamer

Kisah awal kemunculan Razer cukup rumit karena sebetulnya Razer bukanlah perusahaan hingga tahun 2005. Razer adalah merek dagang dari entitas bernama Kärna yang berhasil menemukan roda opto-mekanis yang mampu melacak pergerakan mouse pada 2.000 dpi. Resolusi yang jauh lebih tinggi dari mouse kebanyakan saat itu.

Namun Kärna bangkrut pada 2001 dan Krakoff mendirikan Razer dengan CEO saat ini Min-Liang Tan pada 2005. Dia melihat belum ada orang yang menciptakan mouse gaming. Pembuatan dan pemasaran merek Razer saat itu dibantu oleh perusahaan agensi bernama Fitch.

Teknik pemasaran Krakoff cukup jenius sebab pada 2009 dia mengatakan Razer sebetulnya bisa menjual mouse Mamba dengan harga lebih murah. Saat itu mouse tersebut dibanderol seharga USD130 atau setara dengan Rp1,9 juta saat ini.

Baca juga:

Mengintip Sejumlah Fitur Canggih Pada Headphone Razer Opus

Razer kini sudah jauh lebih canggih. (Foto: Unsplash/Zany Jadraque)

Namun Krakoff ingin audiens gamer melihat inovasi yang lebih tinggi. Dia tahu mereka pasti akan memilih mouse gaming yang lebih terjangkau. Krakoff juga sempat ingin membuat mouse untuk orang bertangan kidal namun posisinya di perusahaan tak cukup kuat untuk mewujudkan impian tersebut.

Namun setahun sejak ditolaknya ide tersebut akhirnya dirilis. Mouse itu merupakan versi cermin dari varian best-sellernya yaitu DeathAdder.

Krakoff masih terus berkontribusi untuk Razer selama bertahun-tahun. Meskipun Razer bukan satu-satunya karya Krakoff. Sebab dia juga menciptakan MindFX Science, produk suplemen dan minuman berenergi yang dihadirkan sebagai alternatif terhadap minuman berenergi tinggi kafein. (waf)

Baca juga:

Razer Pamerkan Konsep Masker N95 dengan RGB ala Gamer

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan