Penderita Maag, 4 Menu ini Bisa Jadi Pilihan Berbuka Puasa Penderita maag justru amat dianjurkan untuk berpuasa. (foto: pixabay/derneumann)

BERPUASA bagi penderita maag bisa amat menantang. Banyak yang mengira bahwa lambung yang kosong karena berpuasa akan memicu sakit maag kambuh. Nyatanya, puasa justru dapat membantu meringankan gejala sakit maag secara bertahap.

Menurut Proceedings of the National Academy of Sciences, puasa dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh terhadap sejumlah penyakit, termasuk obesitas, stres, dan infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat akan membuat kadar insulin ikut naik. Tanpa disadari, hal itu justru bermanfaat untuk membuat tubuh semakin sehat saat puasa.

Meskipun demikian, agar terhindar dari sakit maag yang kambuh, kamu harus benar-benar memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Khusus untuk berbuka, seperti dilansir Hellosehat, penderita maag dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat merangsang asam lambung seperti makanan asam, pedas, keras, terlalu panas atau dingin.

Sebaiknya menu yang dipilih memiliki tekstur lunak agar mudah dicerna dan tidak memberatkan kerja lambung. Contohnya makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, dan ditumis. Berikut ide makanan berbuka untuk penderita maag.

1. Kurma

dates
Kurma bisa mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. (foto: pixabay/enotovyj)

Kurma jadi buah yang disunnahkan saat berbuka puasa. Faktanya, buah ini memang memiliki segudang manfaat, termasuk bagi penderita maag. Kurma mengandung 11,8 gram serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Tidak hanya itu, makan kurma saat puasa juga dapat membantu mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Ini artinya, organ lambung kamu pun akan terlindungi dari kadar keasaman berlebih yang dapat meningkatkan gejala asam lambung. Dengan mengonsumsi tiga butir kurma saat sahur dan tiga butir kurma saat berbuka puasa, gejala sakit maag yang dirasakan akan berkurang secara perlahan.

2. Kentang tumbuk

potato dish
Alkalin dalam kentang menetralkan asam lambung. (foto: pixabay/fujio01)

Selain nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita maag. Hal itu disebabkan kandungan alkalin dalam kentang dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga mencegah sakit maag kambuh.

Cara pengolahan kentang yang tepat untuk penderita maag ialah dengan direbus atau dikukus. Nah, kalau kamu bosan dengan hidangan kentang rebus, coba kreasikan menjadi kentang tumbuk atau mashed potato yang lebih menggugah selera.

Tidak hanya mengurangi gejala asam lambung, konsumsi kentang tumbuk juga dapat mendongkrak energi saat berbuka puasa. Agar kebutuhan vitamin dan mineral tetap terjaga, lengkapi menu kentang tumbuk dengan asupan sayuran seperti brokoli. Brokoli merupakan sumber kalium dan vitamin C yang baik untuk melindungi lambung dari infeksi.

3. Sayur bayam bening

spinach
Bayam aman untuk penderita maag karena tidak mengandung gas. (foto: pixabay/ponce_photography)


Penderita maag enggak bisa makan sembarang sayuran. Beberapa sayuran mengandung gas yang justru dapat memicu asam lambung naik, misalnya sawi, kol, lobak, nangka muda, dan sayuran mentah.

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang aman untuk penderita maag karena tidak mengandung gas. Terlebih, bayam mengandung serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Ketika sistem pencernaan lancar, itu berarti asam lambung akan lebih mudah untuk dikendalikan dan terhindar dari refluks asam lambung.

Selain itu, bayam juga mengandung mineral penting yang bermanfaat untuk kesehatan lambung, yaitu selenium dan zinc. Selenium diketahui dapat membantu melindungi kerongkongan, sedangkan zinc dapat menghambat sekresi asam lambung sehingga gejala asam lambung bisa dicegah.

Kamu bisa menyajikan bayam dalam olahan sayur bening bersama campuran wortel atau jagung manis.

4. Nasi tim

nasi tim
Pilih makanan yang lembut seperti nasi tim. (foto: sajiansedap)


Penderita maag sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak dan lembut. Tujuannya, agar lambung dapat lebih mudah mencerna makanan sehingga tidak terlalu memforsir kerja sistem pencernaan.

Kalau enggak suka bubur, kamu bisa menyajikan nasi tim sebagai menu buka puasa. Lengkapi dengan sajian tahu atau tempe bacem untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH