Penderita Diabetes Mengonsumsi Pisang, Bolehkah? Pisang untuk diabetes (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

PENDERITA diabetes perlu sadar jika banyak buah-buahan dan makanan tinggi gula yang mampu meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Alhasil memilah mana yang layak dan tidak layak konsumsi adalah salah satu keharusan.

Di lain sisi, pisang dianggap sebagai salah satu buah bergizi, yang mengandung banyak vitamin dan mineral bersama dengan protein serta antioksidan. Mereka adalah sumber karbohidrat sehat yang baik.

Baca juga:

Tak Cuma Enak, Asparagus Bagus Kendalikan Diabetes

Pisang bisa dikonsumsi penderita diabetes (Foto: Pixabay/StockSnap)
Pisang bisa dikonsumsi penderita diabetes (Foto: Pixabay/StockSnap)

Tapi apakah pisang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Dilansir dari Boldsky, pisang ternyata sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes. Pisang memiliki indeks GI rendah sehingga mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba setelah dikonsumsi.

Baca juga:

Bolehkan Penderita Diabetes Mendonorkan Darah

Pisang mengandung 23,1 g karbohidrat. Sehingga jika penderita diabetes mengonsumsi pisang setiap hari, mereka dapat mengatur jumlah kalori dengan menghindari makanan kaya karbohidrat lainnya. Namun, meski aman, penderita diabetes juga tak boleh mengonsumsinya dalam jumlah berlebih.

Kehetaban pisang bukan hanya saat matang saja. Menurut sebuah penelitian, serat pada pisang mentah membantu mengurangi glikemia, yang pada gilirannya mencegah atau mengobati diabetes tipe 2.

Diabetes harus memilih makanan (Foto: Pixabay/Tumisu)
Diabetes harus memilih makanan (Foto: Pixabay/Tumisu)

Ia membantu dalam pengelolaan penyakit gastrointestinal, menurunkan berat badan, menangani komplikasi ginjal serta hati hingga mencegah penyakit kardiovaskular. Terdapat pula pati resisten, zat yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengelola kenaikan glukosa setelah makan.

Guna mensiasati cara makan pisang yang aman bagi penderita diabetes kamu bisa memilih pisang dengan ukuran kecil. Hal itu guna membatasi kandungan karbohidrat yang masuk ke tubuh. Namun, agar manfaat buah ini lebih terasa, lebih baik mengonsumsinya saat masih mentah.

Baca juga:

Menu Makanan yang Harus Dipatuhi Penderita Diabetes


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH