Penderita Diabetes Harus Menjalankan Pola Hidup Sehat Diabetes induk segala penyakit kronis. (Foto: Pexels/pixabay)

DIABETES masih menjadi momok menakutkan di negeri ini. Bagaimana tidak? Ketika diabetes muncul, berbagai penyakit kronis juga akan bermunculan. Hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi. Resiko yang mengintai para penderita diabetes adalah serangan jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, kelumpuhan hingga kematian.

Meskipun terdengar "mengerikan", masih banyak orang yang meremehkan penyakit ini dengan cara mengabaikan pola hidup sehat. Alhasil, jumlah penderita diabetes pun mengalami peningkatan. Data riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di Indonesia menunjukkan peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan. Pada 2013 jumlahnya mencapai 6.9% sementara tahun 2018 meningkat menjadi 8,5%. Estimasi penyandang diabetes pun diprediksi lebih dari 16 juta jiwa.

Baca Juga:

Satu dari Tiga Orang dengan Diabetes Melitus Berisiko Buta

diabetes
Dr. dr. Fiastuti Witjaksoni MS, MSc, SpGK (K), harus makan yang tinggi serat. (Foto: MP/Ifitinavia Pradinantia)

Bagi mereka yang sudah mengidap diabetes, obat tak selalu menjadi solusi bagi penyakitnya. "Diabetes tidak menuntut pengidapnya untuk minum obat sepanjang hidupnya. Pola hidup sehatlah yang dapat menyelamatkannya," ujar Konsultan Metabolik Endokrin, Dr. dr. Fatimah Eliana, SpPD, KEMD, FINASIM. Pola makan yang tepat dan olahraga mampu meminimalisir resiko yang ditimbulkan oleh sang silent killer.

Kendati demikian, pola makan pengidap diabetes tentu berbeda dari orang-orang normal lainnya. "Para penderita diabetes tak harus menjalani pola makan ketat dan mengurangi porsi makan. Mereka harus tetap menjalani pola gizi seimbang yang mengandung karbohidrat namun dengan indeks glikemik rendah, tinggi serat, vitamin dan mineral," papar Dokter Spesialis Gizi Klinis Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Dr. dr Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K).

diabetes
Terapkan pola makan yang sehat. (Foto: Pexels/rawpixelcom)

Selain memerhatikan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi, para pengidap diabetes juga perlu memerhatikan pola makannya dengan baik. Pola makan tersebut menganut tiga prinsip yakni tepat jadwal, tepat jumlah, dan tepat jenis. Tepat jadwal yakni pendang diabetes dianjurkan makan tiap tiga kali sehari yang terdiri dari sarapan, makan siang dan makan malam. Mereka juga harus mengonsumsi tiga kali cemilan. Sementara tepat jumlah yakni kebutuhan kalori harian disesuaikan dengan berat badan, usia, jenis kelamin dan aktivitas fisik. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH