Penderita COVID-19 di Indonesia Melonjak 3.269 Pasien

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 04 September 2020
Penderita COVID-19 di Indonesia Melonjak 3.269 Pasien
Ilustrasi swab test. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Jumlah pasien COVID-19 di Indonesia bertambah 3.269 orang, per Jumat (4/9). Sehingga, hari ini total ada 187.537 kasus positif.

Sementara, jumlah pasien sembuh bertambah 2.126 orang, sehingga total pasien sembuh ada 134.181 orang. Sedangkan, pasien yang meninggal bertambah 82 orang, sehingga total ada 7.832 pasien COVID-19 yang meninggal.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito salah satu penyebab terjadinya peningkatan kasus akhir-akhir ini karena masyarakat tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Apalagi, kata Wiku saat masyarakat sedang pergi ke tempat wisata masyarakat cenderung tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Rupanya masyarakat, mereka pergi ke tempat wisata dan mungkin tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Dan tak terlihat akhirnya penyakitnya jadi meningkat drastis di saat-saat ini. Jadi ini pelajaran buat kita semuanya dengan kondisi yang ada,” ujarnya dalam diskusi di Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (4/9).

“Jadi memang selalu kita menyampaikan protokol kesehatan. Tapi rupanya kita perlu lebih detail sebenarnya apa yang dimaksud dengan protokol kesehatan itu,” lanjut Wiku.

Dia mengatakan penggunaan masker harus benar-benar tepat. Kemudian, kata Wiku selalu menjaga disiplin jaga jarak.

“Penggunakan maskernya itu harus betul-betul tepat gitu ya digunakan di seluruh permukaan muka, terutama menutupi batang hidung, pipi sampai dengan dagu. Dan pastikan itu selalu tertutup dengan baik," ucap Wiku.

“Dan terutama apabila di keluarga kita atau di sekitar kita ada orang tua, ibu hamil atau anak-anak yang punya risiko tinggi itu betul-betul kita harus menghindari jangan sampai terjadi kontak dengan mereka. Karena belum tentu kita tidak bebas dari COVID-19. Itu selalu harus dijaga,” tegas Wiku. (Knu)

#COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan