Pendap, Kuliner Khas Bengkulu Sukses Tembus Pasar Mancanegara

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Selasa, 02 Februari 2016
Pendap, Kuliner Khas Bengkulu Sukses Tembus Pasar Mancanegara
Pendap Bengkulu (Foto: Pinterest)

MerahPutih Kuliner – Bengkulu merupakan kota yang menyimpan banyak kuliner favorit masyarakat dalam dan luar kotanya. Salah satunya yakni Pendap atau ikan pais yang menjadi menu andalah khas kota Bengkulu.

Pendap merupakan makanan khas Bengkulu yang biasa dijadikan oleh-oleh ketika datang berkunjung ke kota yang sempat menjadi tempat pengasingan Bung Karno dalam kurun tahun 1939 - 1942 pada masa pemerintahan Hindia Belanda ini.

Meskipun Pendap adalah salah satu kuliner khas Bengkulu, namun pamornya ternyata tidak hanya di Bengkulu tetapi juga diberbagai daerah lainnya seperti Jakarta, Lampung, Palembang, Pangkal Pinang, dan Jambi.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, makanan yang memiliki cita rasa lidah orang Indonesia pedas dan gurih ini, juga telah sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang dan negara lainnya.

Untuk membuat Pendap atau ikan pais ini caranya tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan bahan berupa, kelapa muda, asam pede, laos, kunyit, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut, kelapa rendang, cabai, ikan gebur atau bisa diganti dengan ikan jemiin, ikan kakap merah dan ikan terusan atau gelamo.

Sementara itu bahan lainnya yang diperlukan yakni daun pisang dan daun talas untuk digunakan sebagai pembungkus, serta tali rapiah untuk mengikat daun pisang agar terbungkus rapih.

BACA JUGA:

  1. Sop Ikan Khas Batam Favorit Keluarga
  2. Kopi Joss Tugu, Minuman Kuliner Khas Yogyakarta
  3. Hucap, Tahu Kecap Enak Khas Kuningan
  4. Mi Koclok Khas Cirebon yang Bikin Ketagihan
  5. Docang, Kuliner Khas Cirebon yang Kian Langka
#Pesona Bengkulu #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan