Pendakian ke Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 10 Februari 2023
Pendakian ke Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka
Pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di area Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

MerahPutih.com - Pendakian ke Gunung Gede Pangrango sempat ditutup selang satu hari setelah gempa 5,6 magnitudo mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022). Gempa menyebabkan longsor di pintu pendakian dan terdapat retakan di Puncak Gede.

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) kini telah membuka kembali pendakian setelah hampir tiga bulan ditutup. Namun, pendaki diminta untuk tetap berhati-hati karena cuaca ekstrem dan gempa susulan masih kerap terjadi.

Humas Balai Besar TNGGP Cianjur Agus Deni mengatakan, pembukaan kembali pendakian berdasarkan SE.02/BBTNGGP/Tek.2/02/2023 tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian ke TNGGP serta hasil pemantauan petugas lapangan usai gempa bumi Cianjur.

Baca Juga:

Status Gunung Karangetang Naik jadi Level III, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

"Pendakian kembali dibuka tanggal 10 Februari berdasarkan SE dan hasil laporan final Geohazard Gunung Gede Pangrango yang dilakukan Tim Ahli Geologi, sehingga aktivitas pendakian dapat dilakukan dengan penuh kehati-hatian," katanya seperti dikutip Antara, Kamis (9/2).

Sebelum pendakian dibuka kembali, tutur dia, petugas sudah memasang sejumlah papan peringatan bagi pendaki di sejumlah titik jalur pendakian yang mengalami keretakan agar tetap waspada saat melintas.

Meski retakan tidak berdampak parah terhadap jalur pendakian, pihaknya tetap mengimbau pendaki yang melintas mematuhi larangan yang terpasang, termasuk mewaspadai cuaca ekstrem yang masih terjadi seperti angin kencang disertai hujan lebat.

Baca Juga:

Gunung Merapi Gugurkan Awan Panas, Jarak Luncur 1,5 Km

"Tetap berhati-hati dan waspada, karena hingga saat ini cuaca ekstrem masih terjadi, terutama saat pagi dan sore hari angin bertiup kencang disertai hujan deras," katanya.

Sebelumnya, gempa Cianjur Magnitudo 5,6 menyebabkan longsor di dua titik di pintu pendakian Cibodas dan terdapat retakan di Puncak Gede tepatnya di geger bibir kawah.

Sedangkan di pintu pendakian Gunung Putri ditemukan retakan sepanjang 7 meter di blok Romusa dan longsoran dengan lebar 8 meter serta tinggi 3 meter di blok Tanah Merah, namun saat ini longsor sudah dibersihkan petugas dibantu para relawan. (*)

Baca Juga:

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 6 Km

#Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan