Pendaki Gunung Lawu Ditemukan Tewas Terjatuh ke Jurang Sedalam 7 Meter

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 07 Juli 2020
Pendaki Gunung Lawu Ditemukan Tewas Terjatuh ke Jurang Sedalam 7 Meter
Petugas melakukan pemeriksaan suhu badan pendaki Gunung Lawu. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kabar duka datang dari Gunung Lawu yang perbatasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur setelah ditemukan seorang pendaki bernama, Andi Sulistyawan (18) warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar tewas, Senin (6/7).

Sebelum ditemukan tewas, korban dilaporkan terlepas dari rombongan saat berkemah di puncak Gunung Lawu yang memiliki ketinggian 3.265 mpdl, Minggu (5/7).

Baca Juga

KPK Jebloskan Eks Anak Buah Hasto PDIP Saeful Bahri ke Lapas Sukamiskin

Relawan Anak Gunung Lawu (AGL), Budi Santoso, mengatakan korban bersama empat orang naik ke Gunung Lawu dari jalur pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur pada Sabtu kemrin pukul 16.00 WIB dan tiba dipuncak pukul 22.30 WIB.

"Saat dipuncak pada Minggu dini hari, korban menghilang usai mengantarkan rekannya buang air kecil. Setelah korban dicari tidak ketemu, keempat rekannya turun dan melapor ke petugas di posko pendakian," ujar Budi, Senin (6/7).

Tim Reaksi Cepat (TRC), kata dia, langsung diluncurkan untuk mengecek kebenaran informasi hilangnya pendaki itu. Kemudian pada Senin ditemukan jenazah dengan ciri-ciri sama dengan laporan pendaki hilang.

"Korban ditemukan di bawah jurang sedalam sekitar 7 meter di kawasan Gegerboyo. Evakuasi korban terkendala cuaca ekstrim di puncak Gunung Lawu yang diguyur hujan dan kabut tebal," kata dia.

Jalur pendakian puncak Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Kabupaten Jawa Tengah. (MP/Ismail)
Jalur pendakian puncak Gunung Lawu via Cemoro Kandang, Kabupaten Jawa Tengah. (MP/Ismail)

Ia menambahkan saat ini proses evakuasi dilakukan dengan membawa jenazah turun ke bawah lewat jalur pendakian via Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Diperkirakan jenazah sampai ke bawah pukul 23.00 WIB.

Informasi dihimpun MerahPutih.com, peristiwa tersebut bermula saat seorang pendaki bernama Nurhayati akan buang air kecil, Minggu (5/7/) di puncak Gunung Lawu pukul 03.00 WIB. Ia mencoba membangunkan teman pendaki lain, tetapi tidak ada yang terbangun.

Di luar tenda terdapat korban yang diketahui bernama Andi Sulistiyawan. Nurhayati langsung meminta tolong pada Andi untuk ditemani buang air kecil di semak dekat tenda. Setibanya di tenda, Nurhayati tak mendapati Andi. Seketika teman-teman yang sudah terbangun mencoba mencari korban mulai dari sekitar pos Hargo Dumilah hingga Hargo Tiling. Namun, hasil pencarian nihil.

Baca Juga

Di Depan Ratusan Lulusan AKPOL, Kapolri: Jangan Sombong dan Hormati Senior

Rekan pendaki berjumlah empat orang ini akhirnya memutuskan turun pada pukul 13.00 WIB untuk melaporkan kejadian pendaki hilang tersebut. Rombongan tiba di basecamp pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur sekir pukul 17.00 WIB lalu melapor pada pukul 17.30 WIB. (Ismail/Jawa Tengah)

#Kawasan Wisata Gunung Lawu
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan