Pendaftaran SNMPTN 2022 Telah Dibuka, Ingat Jangan Salah Pilih Jurusan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 15 Februari 2022
Pendaftaran SNMPTN 2022 Telah Dibuka, Ingat Jangan Salah Pilih Jurusan
Ilustrasi mahasiswa. (Foto: Unair)

MerahPutih.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 telah dibuka mulai Senin (14/2) pukul 15.00 WIB. Calon mahasiswa diingatkan untuk memilih program studi yang sesuai minat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Arief S. Kartasasmita mengingatkan, menentukan program studi atau jurusan sesuai minat penting untuk masa depan kuliah.

Baca Juga:

2.727 Pendaftar Lolos SBMPTN UNS Surakarta, Fakultas Kedokteran Paling Diminati

"Pilih program studi sesuai minat. Jangan mentang-mentang kuotanya kosong, ternyata pas masuk studinya tidak begitu baik," ujar Arief.

Arief menjelaskan, penilaian SNMPTN 2022 murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik siswa. Jatah kuota SNMPTN di setiap sekolah juga bervariasi berdasarkan nilai akreditasinya.

Sekolah terakreditasi A mendapat kuota sebesar 40 persen siswa terbaik. Sementara sekolah terakreditasi B mendapat jatah kuota sebanyak 25 persen dan sekolah terakreditasi C mendapat kuota 5 persen terbaik di sekolahnya.

Ujian masuk PTN. (Foto: Antara)
Ujian masuk PTN. (Foto: Antara)

Artinya, calon pendaftar yang berhak mendaftar SNMPTN 2022 merupakan peserta yang dinilai layak (eligible) berdasarkan pertimbangan akademiknya. Untuk itu, peserta wajib memanfaatkan momentum SNMPTN untuk mendaftar program studi yang sesuai minat dan passion-nya.

Arief menjelaskan, selain sesuai minat, peserta yang perlu mempertimbangkan pemilihan program studi berdasarkan masa depan yang ingin dicapai. Jangan sampai memilih program studi yang tidak sesuai dengan masa depan yang ingin dicapai.

"Jangan sampai ketika masuk ke dalam ternyata kuliahnya tidak senang dan akhirnya prospeknya jadi kurang baik. Lalu kemudian mengambil seleksi mandiri. Maka jatah di SNMPTN jadi tidak terpakai. Pilih agar semua kuota yang dimanfaatkan bisa dipakai secara baik," ungkapnya.

Tahun ini, secara umum persentase daya tampung Unpad di jalur SNMPTN 2022 sebesar 20 persen dari total daya tampung keseluruhan. Namun, setiap program studi ada perbedaan sedikit untuk daya tampungnya.

Pendaftaran dilakukan melalui login di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggunakan akun resmi yang sudah diverifikasi. Pendaftaran SNMPTN sendiri ditutup pada 28 Februari mendatang. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Ini Perguruan Tinggi Penerima Mahasiswa Jalur SBMPTN Terbanyak

#SNMPTN #Tes Masuk PTN #Mahasiswa #Unpad
Bagikan
Bagikan