Pencipta Karakter Chibi Maruko-Chan Meninggal Karena Kanker Payudara Momoko Sakura meninggal dunia (Foto: Ist)

KABAR duka datang dari dunia manga Jepang. Dilansir dari The Japan Times, komikus Momoko Sakura, pencipta karakter Chibi Maruko-Chan itu meninggal dunia di usia 53 tahun.

Hal itu diketahui setelah Sakura Productions, perusahaan yang menaunginya mengumumkan kematian Momoko, Senin (27/8). Dikatakan kalau Momoko meninggal karena kanker payudara pada 15 Agustus lalu.

Berdasarkan pernyataan resmi dari situs sakuraproductions.jp, pemakaman Sakura telah dilakukan dengan hany menghadirkan anggota keluarga dan teman dekat. Terdapat pula gambar Maruko dan teman-temannya di bawah pernyataan itu.

Chibi Maruko-Chan dan teman-temannya (Sumber: Sakuraproductions.jp)
Chibi Maruko-Chan dan teman-temannya (Foto: Sakuraproductions.jp)

Sakura sendiri memulai debutnya sebagai artis manga tahun 1984 Kemudian menggarap seri "Chibi Maruko-chan" pertama dalam edisi Agustus 1986 dari majalah manga bulanan, Ribbon.

Serial kartun yang menceritakan kehidupan anak sekolah bernama Maruko itu terbukti sukses di tahun 90an. Hingga kemudian serial ini menjadi anime dan sukses tayang di di lebih dari 60 negara dan wilayah, termasuk China, Taiwan, Hong Kong, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Indonesia, India, Meksiko, Venezuela, dan Chili.

Maruko populer di berbagai negara (Sumber: The Japan Times)
Maruko populer di berbagai negara (Foto: The Japan Times)

Pemimpin redaksi Ribbon, Soichi Aida juga ikut menyampaikan belasungkawa di website majalah tersebut. Ia mengatakan karya Sakura akan selalu dikenang.

"Saya merasa sangat sedih tentang kematiannya, yang datang terlalu dini. Namun senyuman cerah Maru-chan dan teman-temannya akan terus bersinar di benak pembaca mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," tulis Soichi Aida.

Chibi Maruko-Chan (Sumber:JapanPop.fr)
Chibi Maruko-Chan (Foto: JapanPop.fr)

Bukan hanya serial manga dan animenya saja, lagu tema pertama dari seri, Odoru Ponpokorin, juga menjadi hit, menjual lebih dari 1,73 juta kopi pada tahun 1990.

Selain menjadi komikus, Sakura juga gemar menulis. Ia rutin menulis dalam bloq pribadinya. Unggahan tekhir yakni tanggal 2 Juli lalu yang membahas kemajuan tim sepakbola nasional Jepang. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH