Pencinta Seni, Yuk Merapat Ke Dubai Mulai Maret 2020 Dubai menghelat banyak acara pameran seni pada tahun 2020 (Foto: Dubai Culture)

DUBAI merupakan destinasi ideal bagi pencinta seni dan budaya, khususnya di Timur Tengah. Kancah seni lokal telah berkembang, menghadirkan lebih banyak seniman independen. Mereka mempromosikan seni setempat dan merayakan berbagai budaya untuk merepresentasikan Dubai.

Musim seni Dubai dimulai pada bulan Maret dan April dengan pameran internasional Art Dubai, Sikka Art Fair dan World Art Dubai yang membawa kreativitas sebagai prioritas di kota ini. Namun, event seni tak berhenti sampai di situ saja. Sepanjang tahun, Dubai masih memiliki acara seni yang tak boleh kamu lewatkan.

Baca juga:

Mengapa Dubai Jadi Destinasi Cruise Enggak Boleh Kamu Lewatkan?

Berikut empat acara seni yang patut kamu datangi di Dubai menurut Dubai Tourism:

1. Art Dubai

Pameran seni terkemuka di UEA (Foto: Art Dubai)

Art Dubai merupakan pameran seni internasional terkemuka di UEA yang menempatkan seni dari Timur Tengah di peta global. Merayakan edisi ke-14 tahun ini, pameran ini akan menampilkan 90 galeri dari 38 negara, termasuk 21 seniman pemula dari Nigeria, Sudan dan Vietnam.

Pameran ini terdiri dari empat bagian: Kontemporer, Modern, Residen, dan Bawwaba yang baru diluncurkan. Bawwaba merupakan Bahasa Arab yang berarti 'gateway' dan menyoroti berbagai karya dari Timur Tengah, Afrika, Asia Tengah, Selatan dan Tenggara, serta Amerika Latin.

Tanggal: 25-28 Maret 2020
Lokasi: Madinat Jumeirah

2. SIKKA Art Fair

65 seniman akan menyulap rumah ramah lingkungan di acara ini (Foto: Dubai Culture)

Dinamai sesuai dengan sikkas (lorong) di dalam Al Fahidi Historical Neighborhood yang menjadi tempat dihelatnya acara ini. Pameran ini mengundang pengunjung untuk menjelajahi rumah-rumah tua bertingkat dan menara angin yang telah diubah menjadi galeri seni mini dan instalasi untuk festival.

Tahun ini menandai edisi ke-10 SIKKA Art Fair. Pengunjung akan melihat lebih dari 65 seniman menyulap rumah-rumah di lingkungan itu dengan instalasi seni dan desain interaktif dengan tema tahun ini, 'Dreamers'.

Para tamu dapat melihat pertunjukkan lukisan langsung, boneka raksasa, kaligrafi Arab, potret 3D atau karya seni audio, video, dan seni pertunjukan yang menarik di setiap pintu. Pengunjung juga dapat menikmati beragam hiburan di alun-alun utama, mulai dari Afro-Tarab dan konser musik klasik, hingga pertunjukkan puisi dan film yang memprovokasi pemikiran.


Tanggal: 19-29 Maret 2020
Lokasi: Al Fahidi Historical Neighbourhood

Baca juga:

Resto dan Kafe Di Dubai Ini Instagramable Banget

3. World Art Dubai

Kembali untuk ke-6 kalinya (Foto: World Art Dubai)

World Art Dubai menyebut dirinya sebagai ‘pameran seni ritel terbesar yang terjangkau di UEA’. Pameran seni ini kembali untuk edisi ke-6 dengan tujuan menjadikan seni kontemporer lebih mudah diakses.

Acara ini akan menampilkan lebih dari 3.000 karya seni modern dan kontemporer yang indah dari galeri terkenal dan seniman solo berasal dari 30 negara lebih. Para seniman tersebut termasuk seniman Emirat, ikon pop-art, fashion art disrupters, ekspresionis eksperimental, dan praktisi seni rupa dan fotografi.

Tanggal: 8-11 April 2020
Lokasi: Dubai World Trade Centre

4. Dubai Design Week

Memamerkan semua cabang ilmu desain (Foto: Dubai Design Week)

Pameran seni ini adalah acara utama Dubai Design District (d3) dan festival kreatif terbesar di UEA. Acara yang diselenggarakan selama seminggu ini merayakan semua cabang ilmu desain, mulai dari produk dan grafik hingga arsitektur dan interior, pameran hosting, lokakarya, dan kuliah umum.


Tanggal: 9-14 November 2020
Lokasi: Dubai Design District (d3)

Bagaimana sahabat Merah Putih, tertarik menikmati acara kesenian di Dubai? (ikh)

Baca juga:

Ragam Destinasi di Dubai untuk Semua Generasi

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo