Pencinta Gorengan Tak Perlu Panic Buying Memborong Minyak Goreng Jangan panic buying memborong minyak goreng. (Unsplash-Daria Nepriakhina)

PEMERINTAH resmi menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) berlaku sejak 1 Februari 2022, meliputi minyak curah seharga Rp 11.500, kemasan sederhana Rp 13.500, dan kemasan premium Rp 14.000 per liter.

Penetapan harga tersebut membuat masyarakat sedikit tenang karena sebelumnya harga sempat tak menentu. Namun, pada praktiknya di lapangan stok minyak justru kosong sejak diberlakukannya HET.

Baca juga:

Warga +62 Bicara Cuanlove

Minyak goreng menjadi salah satu bahan memasak paling dibutuhkan ibu rumah tangga atau para penjual makanan. Sebagian besar sajian makanan orang Indonesia tak bisa dilepaskan dari gorengan.

Namun, kelangkaan minyak goreng membuat beberapa masyarakat memburunya dari mulai warung hingga toko swalayan. Pemberlakuan HET pada minyak goreng terkadang masih saja dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggungjawab untuk merain untung di tengah situasi sulit.

minyak goreng
Kelangkaan minyak goreng membuat pedagang gorengan khawatir. (Unsplash-Afif Kusuma)

Bersumber dari humas.polri.go.id, bertujuan untuk mencegah hal- hal tidak diinginkan Polri membentuk tim monitoring di pelbagai wilayah unuk mencegah penimbunan minyak goreng.

“Tim melakukan monitoring kegiatan produksi, distribusi, dan penjualan minyak goreng serta melakukan penindakan bila ada upaya aksi borong dan penimbunan. Khususnya minyak goreng kemasan premium," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan.

Baca Juga:

Membangun Bisnis Digital Antigagal Bagi Milenial

Pihak Polri akan berkoordinasi dengan Kemendag RI dan Dinas Perdagangan Provinsi/Kota/Kabupaten untuk mengeluarkan peraturan pelaksanaan atau teknis penjualan minyak goreng satu harga.

Tetapi di beberapa minimarket dan supermarket belum ada sehari minyak goreng sudah habis terjual karena banyaknya antusias para ibu rumah tangga. Bahkan tidak tanggung-tanggung mereka membawa keluarganya untuk membeli dikarenakan adanya pembatasan pembelian.

minyak goreng
Masyarakat Indonesia sangat gemar memakan gorengan. (Pixabay-Ivabalk)

Kasus panic buying buka kali pertama terjadi di masyarakat pada masa pandemi. Ketika awal pandemi, masyarakat pernah melakukan panic buying saat membeli masker, handsanitizer, dan susu kemasan langsung minum.

Alhasil, barang-barang tersebut harganya melonjak bahkan sempat langka di pasaran. Belajar dari peristiwa tersebut, pemerintah telah melakukan langkah-langkah preventif, salh satunya mengumumkan persediaan minyak goreng cukup sampai enam bulan ke depan.

Pemeritah sedang melakukan pemerataan harga untuk retail- retail kecil atau pedagang hingga pengecer. Tentunya program ini diadakan dengan harapan harga minyak goreng akan lebih stabil dan terjangkau untuk masyarakat namun tetap menguntungkan bagi para pedagang, distributor, hingga produsen.

Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak merespons kelangkaan minyak goreng di sejumlah daerah dengan strategi menggenjot produksi minyak goreng.

minyak goreng
Pelaku panic buying dan tindak penimbunan akan diberi sanksi tegas. (Unsplash-Daria Nepriakhina)

“Strategi membanjiri pasar dengan minyak goreng murah bisa mencegah rush atau panic buying. Masyarakat tidak lagi khawatir sulit mendapatkan minyak goreng karena menyaksikan langsung bahwa stok minyak goreng lebih dari cukup,” ujar Amin Ak, Sabtu,(5/2).

Amin Ak juga mendesak pemerintah untuk meyakinkan masyarakat serta menjamin jika Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) nomor 6 tahun 2022 soal minyak goreng dapat menjadi kebijakan berkelanjutan bukan sesaat.

Hal itu, tegas Amin Ak, juga harus didukung efektifitas implementasi kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO).

“Pemerintah harus melaksanakan fungsi pengawasan dengan baik, dan memberi sanksi tegas kepada para produsen dan pelaku usaha yang melakukan penimbunan,” tandas Amin Ak. (pid) (pon)

Baca juga:

Efek Cuanlove Pertunangan Jonanthan Natakusuma dan Jesicca Tanoesoedibjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Electronic Arts Tengah Menggarap Gim 'Black Panther' Terbaru
Fun
Electronic Arts Tengah Menggarap Gim 'Black Panther' Terbaru

Gim ini digadang-gadang akan menghadirkan plot berbeda dari versi MCU.

Pangeran William dan Kate Middleton Berpihak pada Masyarakat Ukraina
Fun
Pangeran William dan Kate Middleton Berpihak pada Masyarakat Ukraina

Pangeran William dan Kate Middleton angkat bicara soal isu Rusia-Ukraina.

Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin
Fashion
Guess Comot Karya Seni Banksy tanpa Izin

Menuai kecaman dari sang seniman.

Melihat Lebih Dekat Sedan Listrik Volkswagen ID Aero
Fun
Melihat Lebih Dekat Sedan Listrik Volkswagen ID Aero

Mobil pertama di kelas mid-size premium yang menampilkan desain kelas ID.

Kenali Penyebab Infeksi Salmonella?
Fun
Kenali Penyebab Infeksi Salmonella?

Bakteri Salmonella merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan penyaki infeksi.

204 Looks dari 97 Mahasiswa ESMOD
Fashion
204 Looks dari 97 Mahasiswa ESMOD

Lambang kreativitas mahasiswa di ESMOD.

Waspada ISPA saat Musim Hujan
Fun
Waspada ISPA saat Musim Hujan

ISPA akan meningkat pada orang yang sistem kekebalannya lemah.

'Triangle of Sadness' Menang Palme d'Or di Festival Film Cannes
ShowBiz
'Triangle of Sadness' Menang Palme d'Or di Festival Film Cannes

Palme d'Or adalah penghargaan tertinggi untuk film di Cannes Film Festival.

Kenali Perjuangan Mental yang Dilalui Penyintas Kanker
Fun
Kenali Perjuangan Mental yang Dilalui Penyintas Kanker

Perjuangan mereka tidak hanya sebatas fisik loh!