Pencarian Jemaah Haji Hilang Tidak Dibatasi Waktu

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 18 Juli 2023
Pencarian Jemaah Haji Hilang Tidak Dibatasi Waktu
Jemaah haji. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Dua jemaah haji dari tiga anggota jemaah haji asal Indonesia yang dilaporkan hilang telah ditemukan. Kini tinggal satu jemaah haji yang belum ditemukan.

"Alhamdulillah dari tiga (anggota) jemaah haji yang hilang dan selama ini kami cari, dua sudah ditemukan dan telah kami proses pemakamannya," kata Ketua Satuan Operasi Arafah Muzdalifah Mina (Armuzna) Kolonel (Laut) Harun Al Rasyid di area Permakaman Ma'la, Makkah, Arab Saudi, Senin (17/7).

Baca Juga:

Setoran Jemaah Haji Dalam Daftar Tunggu Capai Rp 132,5 Triliun

Harun mengatakan, sekarang tim petugas berkonsentrasi untuk mencari Idun Rohim Zen bin Rohim, anggota jemaah haji dari kelompok terbang 20 Palembang yang belum diketahui keberadaannya.

Tim petugas telah kembali melakukan penyisiran di Tsalajah Muaisyim dan ruang-ruang jenazah di rumah sakit di Makkah dan sekitarnya.

"Ke depan kami laksanakan peninjauan ke rumah sakit di Jeddah. Setelah kemarin tim dua bergerak ke Jeddah, maka insya Allah besok tim dua pun akan bergerak kembali menyisir jemaah yang dirawat di ruang ICU maupun (yang ada) di ruang jenazah rumah sakit di Jeddah," katanya.

Sedangkan tim satu, Harun melanjutkan, kembali bergerak ke Muaisyim, Pos Polisi Mina, dan rumah sakit-rumah sakit di Makkah.

"Kami mohon doanya, mudah mudahan satu orang lagi (anggota) jamaah yang masih dicari ini ada titik temu, kami mohon doanya," kata dia.

Direktur Bina Haji Kementerian Agama Arsad Hidayat, menyampaikan apabila ada anggota jemaah haji yang belum ditemukan sampai masa operasional pelayanan haji selesai pada 4 Agustus 2023 maka pencarian akan dilanjutkan oleh perwakilan pemerintah di Arab Saudi.

"Jika sampai operasional haji selesai dan belum ketemu, kami kan ada kantor perwakilan di sini, Teknis Urusan Haji, dan itu pegawai Kementerian Agama yang diperbantukan di Konjen RI Jeddah," kata Arsad.

Kantor Teknis Urusan Haji Indonesia di Arab Saudi, akan melanjutkan upaya untuk menemukan anggota jemaah haji yang hilang serta memantau kondisi anggota jemaah haji yang masih menjalani perawatan karena sakit.

"Tidak ada batasan waktu. Begitu juga jemaah yang sakit yang masih dirawat sementara jadwal kepulangan sudah dekat," kata Arsad.

Baca Juga:

Madinah Makin Panas, Jemaah Haji Diminta Menahan Diri di Hotel

#Jemaah Haji
Bagikan
Bagikan