Pencari Suaka di Kebon Sirih Dipindahkan ke Eks Kodim Kalideres Ratusan para pencari suaka yang beberapa hari belakngan ini tidur di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat dipindahkan oleh Pemprov DKI ke lahan eks Kodim di Kalideres, Jakarta Barat. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Ratusan para pencari suaka yang beberapa hari belakngan ini tidur di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat dipindahkan oleh Pemprov DKI ke lahan eks Kodim di Kalideres, Jakarta Barat.

Plh Gubernur DKI Jakarta Saefullah mengatakan di tempat baru Pemprov DKI bakal mendirikan tenda-tenda untuk tempat tinggal para Warga Negara Asing yang berasal dari negara Afghanistan, Pakistan, Somalia, Sudan, dan Palestina itu.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. (ANTARA FOTO/Retno Esnir)

Namun Sekertaris Daerah (Sekda) DKI itu belum bisa memastikan sampai kapan mereka mengungsi di eks Kodim Kalideres itu.

BACA JUGA: Pencari Suaka di Trotoar Kebon Sirih Depresi

"Sepertinya di Kalideres, ada aset kita, makanya saya cek ke sana kesiapan tenda paling tidak MCK dan air. Tanah aset pemda, nanti di tenda," ujar Saefullah di gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (11/7).

Menurut dia, berdasarkan Perpres 126 Tahun 2016 tentang Penangan Pengungsi Luar Negeri, pemerintah daerah bisa membantu United Nations High Commissioner for Refugeest (UNHCR).

"Perpres 126. Di beberapa pasal, pemerintah daerah bisa membantu UNHCR atas nama kemanusiaan," jelasnya.

Pantauan MerahPutih.com - sekitar pukul 15.00 ratusan imigran para pencari suaka yang dua pekan bermukim di trotoar Kebon Sirih dipindahkan oleh Pemerintah DKI Jakarta.

Para pencari suaka yang berasal dari negara Afghanistan, Pakistan, Somalia, Sudan, dan Palestina dipindahkam dengan menggunakan bus TransJakarta dan bus DPRD DKI Jakarta. Sedangkan barang milik pencari suaka diangkut menggunakan truk Satpol PP DKI.

Ratusan para pencari suaka yang beberapa hari belakngan ini tidur di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat dipindahkan oleh Pemprov DKI ke lahan eks Kodim di Kalideres, Jakarta Barat. Foto: MP/Asropih

BACA JUGA: Pemprov DKI Putar Otak Supaya Trotoar Kebon Sirih Tak Dibikin Semrawut Pencari Suaka

Sejumlah bus pengangkut imigran WNa itu diberi nomor urut di depan kaca mobil. Hal itu memudahkan pihak pemerintah memindahkan mereka. Dan ada beberapa pegawai Pemprov DKI bertugas mencatat para pencari suaka yang akan dipindahkan. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH