Kesehatan

Penasihat Medis Gedung Putih Sebut Vaksin COVID-19 Perlu 3 Dosis

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 15 Desember 2021
Penasihat Medis Gedung Putih Sebut Vaksin COVID-19 Perlu 3 Dosis
Otoritas kesehatan federal AS sudah merekomendasikan orang mendapatkan suntikan ketiga. (freepik.com/freepik)

DOSIS vaksin COVID-19 akan bertambah. Kepala Penasihat Medis Gedung Putih Anthony Fauci, MD, mengatakan nantinya vaksin penuh akan diberikan sebanyak tiga dosis. Dia mengatakan itu hanya tinggal menunggu waktu.

"Saya tidak berpikir siapa pun akan membantah kalau perlindungan optimal akan didapat dengan suntikan ketiga. Ini adalah definisi teknis, hampir semantik, dan itu adalah definisi untuk persyaratan," kata Fauci di CNN (9/12).

"Pendapat pribadi saya sendiri adalah bahwa itu akan menjadi masalah kapan, bukan mungkin," tambahnya.

Baca Juga:

Penyuntikan Vaksin COVID-19 di Indonesia Tembus 10 Juta Sasaran

Otoritas kesehatan federal AS sudah merekomendasikan orang mendapatkan suntikan ketiga, atau booster COVID-19. Namun, menurut definisi resmi CDC, seseorang divaksinasi penuh dua minggu setelah menerima dosis kedua vaksin Pfizer/BioNTech atau Moderna. Selain itu, bisa juga dua minggu setelah satu dosis vaksin Johnson & Johnson.

Varian Omicron dan Delta mebuat AS dan Inggris mengaji ulang definisis vaksin penuh mereka. (freepik.com/freepik)

Kedatangan varian Omicron yang sangat mudah menular, dan sebelumnya varian Delta, telah membuat banyak pejabat kesehatan mengatakan dosis ekstra mungkin tidak cukup untuk perlindungan penuh.

Studi yang dirilis minggu ini menunjukkan bahwa dua dosis standar vaksin Pfizer/BioNTech tampaknya jauh kurang efektif melawan varian Omicron kecuali mendapatkan dosis booster.

"Kita harus menganggap vaksin COVID-19 sebagai vaksin tiga dosis," tutur Peter Hotez, MD, dekan National School of Tropical Medicine di Baylor Medical.

Saat ini definisi vaksin penuh adalah dua dosis Pfizer, Moderna, AstraZeneca atau Sinovac, serta satu dosis Johnson & Johnson. Mengubah definisi dan menambahkan dosis ketiga dapat menyebabkan masalah penegakan regulasi, demikian kata William Schaffner, MD, ketua departemen medis preventif di Vanderbilt University School of Medicine.

Baca Juga:

Microsoft dan Oracle Tengah Garap Kartu Vaksin COVID-19 Digital

"Mengubah persyaratan tentang arti vaksinasi penuh, saya pikir, memiliki semua jenis efek hilir untuk semua jenis institusi di negara ini. Kurasa kita belum sampai di sana," ujar Schaffner yang juga menjabat sebagai penghubung dengan Advisory Committee on Immunization Practices di CDC.

Booster dipercaya dapat mencegah sekitar 75 persen orang mendapat gejala COVID-19. (freepik.com/rawpixel.com)

Pejabat Pfizer mengatakan pada hari Rabu (8/12) bahwa varian Omicron dapat membuat orang membutuhkan vaksin dosis keempat lebih awal dari yang diharapkan.

Sementara itu, di Inggris, para ilmuwan mengatakan dua dosis vaksin COVID-19 tidak cukup untuk mencegah seseorang terkena varian Omicron. Analisis awal kasus Omicron dan Delta di negara tersebut menunjukkan vaksin kurang efektif dalam menghentikan varian baru. Booster atau dosis ketiga dipercaya dapat mencegah sekitar 75 persen seseorang mendapatkan gejala COVID-19.

Diberitakan BBC (11/12), Health Security Agency di Inggris menganalisis data dari 581 kasus Omicron dan ribuan kasus Delta untuk menghitung seberapa efektif vaksin terhadap varian baru. Analisis ini didasarkan pada data yang terbatas, tetapi menunjukkan penurunan dalam efektivitas untuk vaksin Oxford-AstraZeneca dan penurunan yang signifikan untuk dua dosis Pfizer. (aru)

Baca Juga:

Fakta-Fakta Penting Tentang Vaksin COVID-19

#Vaksinasi #COVID-19 #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan