Penangkapan Anggota Aktif dan Dugaan Keterlibatan Jenderal Kasus Novel, Begini Tanggapan Polri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 28 Desember 2019
Penangkapan Anggota Aktif dan Dugaan Keterlibatan Jenderal Kasus Novel, Begini Tanggapan Polri
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers terkait tersangka penyiraman Novel Baswedan. ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.

MerahPutih.com - Isu dugaan keterlibatan oknum polisi dalam penyerangan terhadap penyidik KPK Novel Baswedan dipastikan terbukti. Hal ini terlihat dari penangkapan RM dan RB yang merupakan anggota polisi.

Tim Advokasi Novel Baswedan menilai, jejak keterlibatan Polri dalam kasus Novel sangat jelas.

Baca Juga:

Ketua KPK Tanggapi Penangkapan Pelaku Penyerangan Novel Baswedan

"Salah satunya adalah penggunaan sepeda motor anggota kepolisian," kata anggota tim advokasi Novel, Alghiffari Aqsa kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (28/12).

Sebelum pelaku ditangkap, Novel pernah menduga ada "orang kuat" yang menjadi dalang serangan itu. Bahkan, dia mendapat informasi bahwa seorang jenderal polisi ikut terlibat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan, dugaan keterlibatan dua polisi aktif ini diketahui awalnya berdasarkan hasil dari penyelidikan, penyidikan, dan laporan intelijen. Laporan itu kemudian mengerucut kepada dua nama dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (tengah). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan (tengah). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

"Itu (pengamanan 2 Polri aktif) dari hasil penyelidikan, dan penyidikan, dan kemudian itu dari hasil laporan intelijen ya, itu mengerucut ke 2 orang nama itu. Nah itu intinya itu, terus diamankan dan dibawa penyidik ke Polda," kata Argo kepada wartawan.

Ketika ditanya terkait adanya isu jenderal yang terlibat dari peristiwa ini, Argo mengaku belum mendapat informasi. Dia menyebut pihaknya hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap dua tersangka ini.

Baca Juga:

Dua Oknum Brimob Ditangkap Dalam Kasus Novel, Isu Keterlibatan 'Orang Kuat' Benar Adanya

"Enggak ada (adanya dugaan keterlibatan pihak lain). Sementara belum ada kan, belum selesai diperiksa," jelasnya.

Dua terduga pelaku teror ke Novel Baswedan ditangkap pada Kamis (26/12) malam di Cimanggis, Depok. Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menyebut kedua tersangka yang berinisial RM dan RB berstatus polisi aktif.

Kedua pelaku teror ke Novel kini diperiksa intensif di Polda Metro Jaya. Keduanya diperiksa dengan pendampingan hukum dari Mabes Polri.

Novel disiram air keras pada 11 April 2017. Novel saat itu baru saja menunaikan salat subuh di Masjid Al-Ihsan di dekat rumahnya. (Knu)

Baca Juga:

Oknum Polisi Diciduk Dalam Kasus Novel Diharapkan Tidak 'Pasang Badan' Tutupi Aktor Utama

#Novel Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan