Xbox Project Scarlett, Generasi Penerus Konsol Game Microsoft Xbox Project Scarlett kabarnya akan menjadi konsol game tercanggih (Foto: PCworld)

GENERASI penerus Xbox dikabarkan akan bernama Xbox Project Scarlett, bahkan Microsoft menyebutnya sebagai masa depan video game. Dengan dukungan hardware dari AMD, dan grafis Navi baru dengan CPU Zen 2, konon Xbox Project Scarlett dirancang untuk meminimalkan waktu loading dan tunggu para gamer saat memasuki permainan.

Dilansir dari gamesradar, Xbox Project Scarlett ini dikabarkan memiliki kekuatan empat kali dibandingkan konsol terkuat yang ada di muka bumi ini. Memiliki kinerja empat kali lebih baik dibandingkan konsol Xbox sebelumnya.

Xbox Project Scarlett, Generasi Penerus Konsol Game Canggih dari Microsoft
Penampilan konsol Xbox Project Scarlett (Foto: TechSpot)

Xbox Project Scarlett menjanjikan 120 Frame Per Second (FPS), dan memiliki resolusi hingga 8K. Bahkan Microsoft berjanji akan memperlihatkan kepada dunia frame rate yang belum pernah kita jumpai sebelumnya. Saat mempresentasikan Xbox Project Scarlett, dikatakan juga bahwa penggunanya nanti dapat memainkan game apapun yang diinginkan. Konon Xbox Project Scarlett akan merilis tiga versinya, yakni versi 8K/120FPS Project Scarlett, versi 1080P/60 FPS Project Scarlett, dan Kotak streaming Project Scarlett Cloud.

Dikabarkan Xbox Scarlett Project akan diluncurkan pada musim liburan tahun 2020, bersamaan dengan peluncuran konsol game terbaru Sony, PS5. Kemungkinan keduanya akan dirilis pada saat perayaan natal.

Xbox Project Scarlett, Generasi Penerus Konsol Game Canggih dari Microsoft
Penampilan Controller Xbox Project Scarlett (Foto: SlashGear)

Jika memang benar bahwa Xbox Project Scarlett dan PS5 akan diluncurkan dengan waktu yang bersamaan, Microsoft diharapkan untuk berhati-hati untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dahulu Xbox One saat peluncuran dengan hargaRp7 juta lengkap satu paket terdiri dari hard drive 500GB, satu controller dan sensor kinect. Namun tidak sampai enam bulan sejak peluncuran pertamanya. Microsoft merilis kembali Xbox One baru dengan harga Rp5,7 juta tanpa sensor kinect. Harganya jadi sama dengan PS4. Mengingat Xbox One X jauh lebih baik dari PS4 PRO, bisa jadi nantinya harganya lebih mahal. Namun apabila Scarlett dan PS5 menggunakan spesifikasi yang sama, tentunya akan menjadi bahan yang sangat menarik untuk didiskusikan. (ape)

Baca juga:

Microsoft Umumkan Konsol Xbox Project Scarlett dengan Pembaruan Tercanggih



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH