Penampilan Grup Keroncong "Akar" Asal Amerika Pukau Penonton Panggung Gesang Solo Penampilan Orkes Keroncong Akar asal Amerika di Panggung Gesang. (Foto: MP/Win)

MerahPutih.com- Penampilan Orkes Keroncong (OK) Rumput asal Amerika memukau penonton di kawasan Ngarsopuro, Solo, pada Rabu malam (18/7).

Meski baru belajar keroncong dua tahun belakangan, penampilan mereka di Panggung Gesang berhasil menyihir telinga dan mata.

Suara cak dan cuk, hingga gesekan biola seolah mampu meredam dinginnya malam di kawasan tersebut.

Keroncong
Orkes Keroncong Akar. (Win)

Belum lagi sebuah tembang milik almarhum Gesang berjudul Caping Gunung, nampak apik dibawakan sang vokalis Hannah Standifor.

Dalam penampilannya tersebut, mereka mencoba menampilkan ciri khasnya, dengan menggabungkan iringan keroncong dengan crankies, saat menampilkan sebuah lagu berjudul Akar. Lagu tersebut diciptakan karena terinspirasi dari kisah Amerika Jack & The Beanstalk.

Keroncong
Hannah Standifor vokalis OK Akar saat jumpa pers. (Win)

Lebih dari 30 menit mereka tampil, namun sang vokalis Hannah tak bisa menyembuyikan kelelahan setelah manggung pada beberapa tempat di Indonesia.

Hal itu terlihat dari suara nan timbul-tenggelam. Meksi begitu, itu bukan halangan baginya untuk menutup penampilan dengan sebuah tembang manis milik Waldjinah bertajuk Walang Kekek.

Sambutan tepuk tangan meriah para penonton pun seolah mampu meredam rasa lelah di benak masing-masing personil. Dalam penampilan tersebut, OK Rumput tampil bersama dengan salah seorang musisi keroncong kenamaan asal Solo, Danis Sugiyarto.

Keroncong
Crankies menggunakan Wayang Beber. (Win)

”Terimakasih, senang bisa tampil di Solo. Saya pertama kali belajar keroncong pada tahun 2014,” jelas Hannah.

Danis Sugiyarto pun mengapresiasi penampilan OK Rumput. Menurutnya, aksi mereka di panggung menunjukan memang keroncong sudah mendunia.

”OK Rumput itu sebenarnya namanya grup Rumput, karena di Amerika tidak nama OK. Karena OK hanya dikenal di Solo saja,” terang Danis. (*) (Win)


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH