Penampakan Perpustakaan Digital Universitas Negeri Yogyakarta Ruangan dan komputer di dalam perpusatakaan Digital UNY. Foto: Humas UNY

MerahPutih.com - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) baru saja melaunching perpustakaan digital. Perpustakaan ini dihadirkan bertujuan sebagai media alternatif mahasiswa mendapatkan informasi dan bahan materi kuliah.

Launching perpustakaan digital dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pembelanjaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemeristikdikti Intan Achmad. Walau bertajuk digital, perpusatakaan ini tetap memiliki bangunan fisik yang terdiri dari empat lantai.

Di dalamnya disiapkan 350 unit komputer iMac untuk mengakses koleksi-koleksinya. Perpusatakan ini dilengkapi pula dengan ruang konferensi berakses internet cepat yang mampu menampung sekitar 300 peserta. Ada pula koleksi buku-buku konvensional.

Rektor UNY Yogyakarta Sutrina Wibawa mengatakan perpustakaan ini terhubung dengan 71 perguruan tinggi lainnya. Pengunjung bisa mengakses buku- buku digital, skripsi konvensional civitas akademika UNY dan berbagai jurnal international.

"Kehadiran perpustakaan digital sebagai upaya penerbitan seribu jurnal internasional tahun ini. Hingga Februari kemarin UNY sudah menerbitkan 300 jurnal internasional,” jelas Sutrina saat launching perpustakaan digital di Yogyakarta, Kamis (8/3).

Ia berharap adanya perpustakaan ini dapat mendukung mahasiswa mendapatkan informasi dan materi penelitian terbaru.

Dirjen Belmawa Kemerintek Dikti Intan Achmad menyambut baik kehadiran perpusatakaan digital ini. Kegiatan belajar mengajar diperkuliahan sudah seharusnya mengikuti perkembangan teknologi.

"Di Abad digital ini proses pembelajaran tidak lagi bergantung pada guru atau dosen. Mahasiswa bisa mendapatkan ilmu dan materi di mana saja dengan cara apa saja," katanya.

Ia berharap agar kehadiran perpustakaan digital ini bisa ditiru kampus-kampus negeri lainnya.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH