PENA 98: Langkah Kapolri Soal Mural Tepat dan Humanis

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 September 2021
PENA 98: Langkah Kapolri Soal Mural Tepat dan Humanis
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: MP/Humas Polri)

MerahPutih.com - Perhimpunan Nasional Aktivis (PENA) 98, menyambut positif sikap tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam menyikapi tindakan anggota Polri di lapangan, utamanya terkait dengan penertiban kritik yang disampaikan melalui mural atau gambar dan tulisan di dinding yang belakangan menuai protes keras netizen dan sejumlah pihak.

Presidium PENA 98, Rizki Faizal mengatakan, program unggulan Kapolri adalah Presisi, di mana salah satu programnya adalah mengaktualisasikan pelayanan masyarakat yang lebih humanis, antara lain tilang elektronik, sim online, program restorastive justice, dan beberapa yang lainnya.

Baca Juga

Muncul Mural Kritik Pemerintah, Gibran: Yang Bikin Tulisan Silakan Ketemu Saya

"Progam presisi ini kan jelas ya, pesan yang termuat adalah meminimalisir kontak fisik antara petugas di lapangan dengan warga, sehingga konflik of interest bisa dihindari atau tercegah" kata Rizki dalam keterangannya, Kamis (16/9).

Lebih lanjut Ketua komisi IV DPRD Kepri ini menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri sangat menghargai demokrasi dengan selalu berusaha mendengar pendapat atau kritik yang disampaikan oleh masyarakat.

Presidium PENA 98, Rizki Faizal. Foto: Istimewa

Dengan demikian, lanjut Rizki, sejumlah tindak pengamanan seperti peristiwa kritik yang disampaikan melalui mural tentu bukan merupakan kebijakan Kapolri tapi spontanitas petugas di lapangan.

Rizki menilai, petugas hanya ingin bertindak cepat agar situasi kondusif dan terkendali, tanpa mempertimbangkan tindakan reaksioner itu dapat diartikan berlebihan oleh masyarakat.

Karena itu, menurut dia, sikap cepat Kapolri mengeluarkan kebijakan berupa Instruksi untuk dijadikan pedoman di lapangan dengan tetap mengutamakan nilai-nilai demokrasi dan mengedepankan sikap humanis harus diapresiasi sebagai bentuk keberpihakan Kapolri pada nilai-nilai demokrasi.

"Selama dilakukan dalam koridor yang dibenarkan secara aturan dan hukum yang berlaku, komitmen Kepolisian untuk memberi ruang agar dapat tersampaikan dengan baik. Ini bagus sekali, sesuai dgn visi misi Kapolri yang terus berusaha mengedepankan humanisme dalam menjalankan tugas dilapangan" pungkas Sekretaris Partai Golkar Kepri ini. (Pon)

Baca Juga

Mabes Polri Apresiasi Masyarakat yang Ekspresikan Kritik Lewat Mural

#Kapolri Listyo #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #Presiden Jokowi #Mural #Pena 98
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan