Pemudik Nekat Masuk Bandung Bakal Dikarantina oleh Kecamatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 07 Mei 2021
Pemudik Nekat Masuk Bandung Bakal Dikarantina oleh Kecamatan
Penyekatan kendaraan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Seluruh kecamatan di Kota Bandung diperintahkan menyiapkan rumah singgah atau tempat karantina bagi pemudik yang nekat datang ke Bandung. Misalnya, Kecamatan Arcamanik terdapat 4 rumah isolasi yang disebut sebagai rumah singgah.

"Itu akan dipergunakan sebagai karantina bagi warga yang datang dari luar kota Bandung,” ucap Camat Arcamanik, Firman Nugraha yang juga Ketua Paguyuban Camat di Kota Bandung pada Bandung Menjawab, Kamis (6/5).

Baca Juga:

Larangan Mudik Hari Pertama, Pengguna KRL Alami Penurunan

Menurut Firman, jika warga yang mengetahui ada pemudik yang datang ke wilayahnya, maka bisa menginformasikannya ke aparat setempat.

"Laporkan ke kelurahan atau kecamatan. Nanti akan diarahkan ke rumah isolasi. Jika memungkinkan, di rumah sendiri juga bisa," jelas Firman.

Firman mengaku telah menyosialisasikan hal tersebut kepada RT dan RW untuk tidak mengizinkan warganya mudik.

"Kami sudah sosialisasikan ke seluruh RT dan RW. Sehingga mereka paham dan juga tidak mengeluarkan surat pengantar atau mengizinkan warganya untuk mudik. Termasuk tindakan yang harus dilakukan jika ada pemudik," imbuhnya.

Penyekatan pemudik di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)
Penyekatan pemudik di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)

Menurut Firman, tidak ada kelonggaran kebijakan kecuali untuk beberapa kebutuhan yang urgen. Seperti keluarga yang sakit, meninggal atau ibu melahirkan dan hamil.

Sedangkan terkait salat Idul Fitri, Firman menegaskan, dapat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan mendapatkan rekomendasi dari Satgas Covid-19 Kecamatan.

“Panitia wajib menyampaikan permohonan izin rekomendasi menyelenggarakan salat Id ke satgas covid di kecamatan melalui kelurahan. Setelah pengecekan dan memenuhi syarat maka akan dikeluarkan rekomendasi itu,” jelasnya. (Iman Ha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Aparat Diminta Tegas ke Pemudik yang Nekat Kucing-kucingan

#Mudik #Tiket Pemudik #Larangan Mudik #Bandung #Lebaran #Idul Fitri
Bagikan
Bagikan