Pemudik Motor Gratis Tahun Ini Diprediksi Naik 10 Persen Pengamat transportasi dari Unika Soegijapranoto, Semarang Djoko Setijowarno menyatakan pemudik motor tahun ini meningkat (Foto: unikasoegija.ac.id)

MerahPutih.Com - Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan pemudik sepeda motor pada tahun 2019 diperkirakan akan meningkat 10,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan untuk wilayah Jabodetabek akan ada 942.621 orang menggunakan sepeda motor untuk mudik.

"Tahun ini diperkirakan meningkat 10,7 persen dibanding tahun lalu, yaitu dari 6,1 juta unit pada mudik 2018 menjadi 6,8 juta unit pada tahun ini," kata Djoko kepada MerahPutih.com, Minggu (26/5).

Pemudik menggunakan sepeda motor tahun ini kemungkinan bertambah
Pemudik sepeda motor tahun ini diprediksi bertambah sekitar 10 persen (Foto: Ist)

Menurut dia, naiknya jumlah pemudik roda dua 2019 ini lantaran banyak warga dari luar Jakarta yang merantau ke Jakarta menjadi pengemudi ojek online dari beberapa waktu terakhir ini.

BACA JUGA: Menhub Klaim Pemudik Kereta Api Tahun 2019 Naik 4,3 Persen

Perantau Minang Asal Padangpariaman Akan 'Pulang Basamo' Saat Lebaran 2019

Pengamat: Mudik Gratis Sepeda Motor Turunkan Angka Kecelakaan

Djoko Setijowarno mengimbau kepada pihak angkutan lebaran kapal laut untuk rutin melakukan sosialisasi agar masyarakat banyak menggunakan transportasi laut itu.

"Untuk kapal laut masih perlu disosialisasikan, sehingga lebih menarik untuk masyarakat. Waktu mudik gratis tahun 2018, masih banyak ruang kapal yang masih kosong, banyak ruang yang tidak terpakai," tutup pengajar Unika Soegijapranata, Semarang ini.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH