Pemudik Masih Padati Terminal di Jakarta

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 04 Mei 2022
Pemudik Masih Padati Terminal di Jakarta
Suasana ruang tunggu keberangkatan penumpang di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (4/5/2022). (ANTARA/Prisca Triferna)

MerahPutih.com - Keberangkatan para pemudik masih terasa di terminal - terminal seputar Ibu Kota Jakarta, terutama para pekerja yang baru mendapatkan cuti leberan dua hari setelah hari raya.

Misalnya, di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, masih ramai oleh pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman berbagai daerah Indonesia pada H+1 Lebaran.

Baca Juga:

Antisipasi Arus Balik Mudik, KAI Tambah Kereta Api Tujuan Semarang-Bandung

Komandan Regu Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang Bonari mengatakan, masih ada pemudik yang berangkat ke kampung halamannya pada hari ini khususnya tujuan Sumatera.

"Sejak pagi masih ada pemudik yang berangkat ke Sumatera, ada juga beberapa ke Jawa," kata Bonari.

Berdasarkan data di terminal keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang, paling banyak tujuan pemudik ke Kota Padang sekitar 24 bus yang sudah diberangkatkan. Bahkan setiap PO bus menyediakan enam unit kendaraan untuk tujuan Kota Padang.

Sedangkan beberapa bus dengan tujuan ke wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah baru akan diberangkatkan pada Rabu siang.

Salah satu pemudik tujuan Madura Jawa Timur Iriani mengaku, baru bisa berangkat mudik pada hari ini karena baru mendapatkan kesempatan cuti di H+1 Lebaran.

"Sudah menunggu dari jam 11.30, katanya siang ini busnya datang," kata Iriani yang mudik bersama seorang anaknya.

Berdasarkan data Terminal Terpadu Pulo Gebang terdapat 112 bus keberangkatan dari terminal tersebut dengan membawa penumpang sebanyak 864 orang pada 3 Mei 2022. Jumlah tersebut menurun dari hari sebelumnya dengan keberangkatan 123 bus yang membawa 917 orang.

Puncak arus mudik di Terminal Terpadu Pulo Gebang terjadi pada 27 April 2022 dengan keberangkatan 490 bus yang membawa total 13.282 orang penumpang.

Calon penumpang bus menunggu di terminal keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur, Rabu (4/5/2022). (ANTARA/Aditya Ramadhan)
Calon penumpang bus menunggu di terminal keberangkatan Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur, Rabu (4/5/2022). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Sementara belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang arus balik di Terminal Terpadu Pulo Gebang. Data tanggal 3 Mei 2022 hanya terdapat 51 bus kedatangan yang membawa 264 orang. Jumlah tersebut naik dibanding hari sebelumnya yaitu 33 bus kedatangan dengan 104 penumpang.

Sementara itu, Kepala Terminal Kalideres Jakarta, Revi Zulkarnain, mengatakan belum terjadi peningkatan arus balik penumpang dengan masih terdapat masyarakat yang kembali ke kampung halaman dengan bus H+1 Idul Fitri.

"Pada hari ini, setelah Lebaran memang situasinya masih sepi. Penumpang yang berangkat masih ada khususnya untuk tujuan Padang, Palembang, Lampung dan Jawa Tengah," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain ketika ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu.

Menurut data pengelola Terminal Kalideres sampai dengan 3 Mei 2022, total terdapat 14.719 penumpang yang telah berangkat dari terminal tersebut menggunakan 1.242 unit bus sejak 25 April 2022. Penumpang yang telah tiba di Terminal Kalideres sebanyak 1.321 orang dengan 1.426 kendaraan bus dalam periode yang sama. (*)

Baca Juga:

Menhub Minta Pemudik Hindari Perjalanan pada 6 Mei - 8 Mei

#Mudik #Arus Mudik #Arus Balik Mudik #Lebaran #Idul Fitri
Bagikan
Bagikan