Pemudik Diminta Cek Tekanan dan Gula Darah, Menkes: Periksa Stres Juga

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 29 Mei 2019
Pemudik Diminta Cek Tekanan dan Gula Darah, Menkes: Periksa Stres Juga
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek . (ANTARA/ Aditya Ramadhan)

Merahputih.com - Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau kepada para pemudik untuk mengecek kondisi kesehatan dan cek kendaraan bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Kalau bisa sebelum berangkat cek kesehatan, karena itu ada pos kesehatan, ada 6.047 fasilitas kesehatan. Cek tekanan darah, gula darah, periksa stres juga,” ujar Nila di Stasiun Gambir Jakarta, Selasa (28/5).

BACA JUGA: Agar Perjalanan Mudik Lancar, Jangan Lupakan 7 Hal Penting Ini!

Menkes menambahkan perencanaan sebelum mudik harus dilakukan H-6 sebelum mudik dengan menjaga kondisi tubuh agar badan terasa fit saat hari keberangkatan.

“Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minim alkohol,” jelas dia.

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek mengunjungi korban Tsunami (@kemenkesRI)

Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun ini yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

Pemudik sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih bila memiliki keluhan penyakit tertentu sebelumnya. Pemudik yang mengidap penyakit harus membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan hingga tempat tujuan.

BACA JUGA: Hadapi Arus Mudik Lebaran PT. KAI Tingkatkan Fasilitas Kereta

Dia juga mengingatkan agar pemudik yang mengendarai kendaraan sendiri harus beristirahat setiap empat jam perjalanan dan jangan ragu gunakan pos kesehatan untuk mengecek kondisi tubuh di area peristirahatan yang sudah disediakan. (*)

#Kemenkes #Nila F Moeloek
Bagikan
Bagikan