Pemudik Bersepeda Motor Serbu Merak

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 28 April 2022
Pemudik Bersepeda Motor Serbu Merak
Pemudik yangbmenyebrang dari Pelabuhan Merak, Bnaten ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni. Rabu, (4/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

MerahPutih.com - Para pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten. Kepadatan terlihat hampir di semua dermaga pada Kamis (28/4) sejak pukul 03.00 WIB.

Guna memfasiltasi para pengendara motor yang akan menyeberang ke Sumatera ini, pengelola pelabuhan menyiapkan tenda untuk antre masuk ke kapal. Tenda itu terletak di semua dermaga pelabuhan.

Baca Juga:

Cara Polisi Urai Kemacetan Mudik di Pelabuhan Merak

Hingga pukul 05.15 WIB, situasi di Pelabuhan Merak masih dipadati pemudik motor yang hendak pulang kampung ke berbagai wilayah Sumatera. Bahkan, semua tenda yang dikhususkan untuk sepeda motor itu dipenuhi pemudik.

Kepolisian menilai, pemudik memilih melakukan perjalanan lebih awal agar terhindar dari kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi bakal terjadi H-3.

Selain dipenuhi pemudik motor, kondisi kantong parkir dermaga juga dipadati kendaraan pribadi yang hendak ke Sumatera. Polisi bahkan menerapkan sistem buka tutup jalan di jalur Cikuasa Atas arah Pelabuhan Merak.

"Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak," ujar Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Rabu (28/4).

Pihak kepolisian juga meminta agar pemudik sabar menunggu giliran masuk ke kapal. Sebab, sistem buka tutup jalan ini diberlakukan dengan pola jika kantong parkir dermaga mukai kosong, kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan secara bergantian.

Ia memaparkan, sistem ini diakui akan efektif untuk menghindari stagnasi arus lalu lintas di jalur arteri menuju pelabuhan.

"Dengan adanya sistem buka tutup ini, kendaraan dari arah Sumatera menuju Jakarta dialihkan ke jalur Cikuasa Bawah," katanya.

Ratusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022). Kemacetan sepanjang 3 kilometer terjadi dari Pelabuhan Merak hingga gerbang Tol Merak. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Ratusan kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022). Kemacetan sepanjang 3 kilometer terjadi dari Pelabuhan Merak hingga gerbang Tol Merak. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.

PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengelola jalan tol Tangerang-Merak mengimbau pemudik yang tidak menuju Pelabuhan Merak untuk memilih rute alternatif keluar atau exit di Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur atau Serang Barat untuk menghindari penumpukan kendaraan.

"Imbauan kepada pengguna jalan yang menuju ke Merak terus kami infokan melalui VMS dan informasi di GT Cikupa agar dapat memanfaatkan rest Area km 68 A atau memilih rute alternatif keluar ke GT Cilegon Timur atau Serang Barat untuk pemudik dengan tujuan di luar Pelabuhan Merak," ujar Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT MMS Uswatun Hasanah.

Berdasarkan data yang dirilis ASDP Cabang Merak, hingga Rabu (27/4) pukul 20.00 WIB, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak tercatat sebanyak 261.741 orang. Jumlah tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki sebanyak 12.307 orang dan penumpang dalam kendaraan sebanyak 249.434 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan yang menyeberang dari Merak tercatat sebanyak 60.734 kendaraan, dengan kendaraan roda dua tercatat sebanyak 9.129 kendaraan, kendaraan roda empat 32.218 kendaraan, kemudian bus 2.044 kendaraan dan truk 17.343 kendaraan. (Knu)

Baca Juga:

Pemprov Jatim Gelar Mudik Gratis Antarkota Dalam Provinsi

#Mudik #Arus Mudik #Pelabuhan #Pelabuhan Merak Banten #Lebaran #Ramadan
Bagikan
Bagikan