Pemuda Makassar Deklarasikan Cak Imin Cawapres 2019

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 10 November 2017
Pemuda Makassar Deklarasikan Cak Imin Cawapres 2019
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Kelompok pemuda yang tergabung dalam organisasi "Cak Imin Saribattangku" (Cak Imin Saudaraku) mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar maju menjadi bakal calon wakil presiden 2019.

"Cak imin adalah tokoh berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Cak Imin juga sosok yang memiliki paham kebangsaan serta menjunjung tinggi ideologi Pancasila sebagai falsafah bernegara di Indonesia," kata Koordinator "Cak Imin Saribattangku" Abd Rahim seperti dilansir Antara (9/11).

Deklarasi ini bertujuan untuk menyebarluaskan ide, gagasan dan cita-cita Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin yang dianggap sebagai orang yang mampu memecah kebuntuan permasalahan bangsa.

Selain itu, mengingat Indonesia saat ini berada dalam ancaman perpecahan dengan munculnya kelompok-kelompok ekstremis-radikal yang bertujuan memecah persaudaraan maupun toleransi yang telah dijaga seluruh elemen bangsa Indonesia.

"Dalam kondisi tersebut, NKRI membutuhkan pemimpin seperti Cak Imin. Untuk itulah komunitas masyarakat di Sulsel terdiri atas berbagai elemen mendeklarasikan Cak Imin sebagai wakil presiden RI," katanya.

Deklarasi "Cak Imin Cawapres 2019" tersebut dirangkaikan dengan dialog dengan tema "Persaudaraan Indonesia dalam Perspektif Politik, Pemuda dan Kebudayaan".

Hadir pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad, Direktur Nuriset Hari Yulianto dan budayawan Sulsel Syafrillah.

Firdaus menyampaikan dari segi kompetensi dan marketing politik, Cak Imin tidak "pas" dicalonkan sebagai cawapres. Pascakepemimpinan Gusdur, tak bisa dinafikan Cak Imin sebagai pewaris politik di Nahdlatul Ulama dan masyarakat pesantren, mestinya Cak Imin diusung menjadi capres.

Sedangkan budayawan Sulsel, Syafrillah memaparkan pentingnya dialog kembali tentang politik kebudayaan dalam kerangka strategi kebudayaan pada bingkai keIndonesiaan.

Direktur Nusantara Riset, Hari Yulianto mengemukakan, Cak Imin sebagai figur dari angkatan muda memiliki kompetensi dan yang diakui bukan hanya di Indonesia, tapi hingga luar negeri. (*)

#Muhaimin Iskandar #PKB # NU
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan