Pemuda Harus Punya Jiwa Kritis di Tahun Politik Logo Pemilu 2019. Foto: Net

MerahPutih.com - Indonesia akan mengalami fase bonus demografi beberapa tahun ke depan. Ini akan menjadi tantangan ke depan bagi kaum muda tanah air untuk siap landas menuju negara maju.

Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat, Mustofa Widjaja, menilai para pemuda punya peran strategis dalam memajukan daerah. Sebab, mereka mempunyai kuantitas besar, akses informasi yang mudah, serta semangat yang membara.

Oleh karena itu, ia menekankan bahwa pemuda harus memiliki jiwa kritis ditengah segmentasi masyarakat yang begitu tajam di tahun politik 2019.

"Saya berharap anak muda untuk kritis dan tidak mudah terbawa arus negatif yang disukai banyak orang. Sikap kritis bisa ditunjukan lewat upaya membangun iklim bersahabat di media sosial dengan tidak langsung menyebarkan informasi yang belum jelas kebenaranya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (16/1)

Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat, Mustofa Widjaja

"Disamping itu juga terus memberikan evaluasi atas kebijakan pemerintah daerah maupun pusat, tentunya dengan cara yang sopan dan membangun," sambungnya

Dirinya pun memberikan saran kepada pemuda agar mereka bisa kritis dalam menyiikapi tahun politik. Terutama banyak sekali kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kebutuhan rakyat, pemuda punya banyak corong aspirasi yang bisa dimanfaatkan

"Pemuda harus kritis dalam menyikapi tahun politik, karena lewat merekalah masyarakat bisa berkeluh kesah, jika hilang semangat itu, maka hancurlah masa depan kita," ucap mantan ketua BP Batam tersebut. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH