Pemuda Asal Subang Ciptakan Kompor Air

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 10 Mei 2016
Pemuda Asal Subang Ciptakan Kompor Air
Dede Miftahul Anwar, 22, pencipta kompor berbahan bakar air dari Subang, Jawa Barat.

MerahPutih Nasional - Kesulitan bisa mendorong seseorang menjadi kreatif.Buktinya, Dede Miftahul Anwar, 22, menciptakan kompor hidrogen, yang menggunakan bahan bakar air karena di daerah kelahirannya sulit mendapatkan pasokan gas elpiji.

Dede mengaku distribusi gas elpiji tidak masuk ke daerahnya di Kampung Kerajan, Desa Cihambulu, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Alasannya klasik, akses jalan susah dilalui kendaraan.

Dede menggambarkan, kampung kelahirannya sulit diakses kendaraan. Ia menyebutkan, untuk mencapai kampungnya butuh lima jam apabila berangkat dari pusat Kota Bandung. Ditegaskan, kendaraan roda empat tidak sampai ke rumahnya. Untuk itu, kendaraan roda dua jadi pilihan warga setempat untuk keluar masuk kampung. 

Jalurnya arah ke Padalarang, kemudian menuju jalur ke arah Purwakarta. Dari sana langsung menuju ke Pabuaran, Subang. "Tidak ada angkutan umum secara khusus kecuali ojek," katanya.  

Selain tidak ada akses kendaraan para penduduk setempat harus menyeberang melewati sungai yang sangat lebar dengan arus deras  

Tapi, kondisi yang sulit itu tidak membuat pemuda yang mengecap bangku kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini kehilangan akal. Ia menciptakan kompor dengan bahan bakar air. Tak hanya itu, Dede juga mendirikan SP alias Saung Pengisian Bahan Bakar Hidrogen (SPBBH) untuk mengisi ulang tabung.

Menurut Dede, bahan-bahan untuk kompor hidrogen sangat murah. Karena itu, Dede bisa menjual dir hidrogen dengan harga murah, yakni sekitar Rp10.00 per tabung.

"Sekarang ini sedang dalam proses pendaftaran di Standar Nasional Indonesia (SNI) dan penyempurnaan air dalam Keamanan, Kesehatan dan keselamatan kerja (K3 )," tulis CEO CV Energon ini melalu akun Facebook.  

Temuan Dede ini dilombakan di ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015. Dan, keluar sebagai juara pertama. 

BACA JUGA:

  1. Pembuat Ikan Asin di Tepi Pantai Tangerang Utara
  2. Selain Wedang, Omah Wedangan Eyang Putri Juga Tawarkan Kudapan Tradisional
  3. Nikmati Beragam Jenis Wedang di Omah Wedangan Eyang Putri
  4. Wedang Tahu, Minuman Asal Tiongkok dengan Seribu Khasiat
  5. Nikmatnya Sarapan dengan Wedang Tahu

 

   

#Kompor Berbahan Bakar Air #Kompor Hidrogen #Dede Miftahul Anwar
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan