K-Pop
Pemuda ARMY Negeri Aing Jadi Jagoan Ngoleksi 'Kertas Ganteng' Fenomena koleksi kertas ganteng di kalangan penggemar K-pop. (Foto: Dok. pribadi Samantha)

SAMANTHA (24) semringah ketika melihat foto idolanya, Jin BTS terpampang sebagai produk yang dijual di e-commerce Shopee. ARMY negeri aing ini pun sadar, jika hanya sekadar menatap foto tersebut saja, ia bisa kehabisan. Sebab, ARMY lainnya juga mengincar foto yang tersedia terbatas tersebut untuk dijadikan koleksi Photocard K-Pop atau yang biasa disebut 'kertas ganteng'.

Tanpa berpikir panjang, Samantha langsung memasukkan foto tersebut ke keranjang belanjanya e-commerce. Pemesanan sudah dikonfirmasi. Alamat lengkap sudah benar. Samantha pun melakukan pembayaran. Photo Card Jin BTS siap diantar, Samantha hanya tinggal menunggu 'kertas ganteng' pertamanya diantar ke depan pintu rumahnya.

Baca Juga:

Pemuda Tangguh: Berani Beli Rumah Meskipun Sempat Diremehkan Bank

Pengoleksian ‘kertas ganteng’ adalah salah satu kesenangan tersendiri untuk para penggemar K-Pop, walau tidak semua penggemar melakukan hal ini. Samantha pun menjadi salah satu Kpopers yang kepincut untuk menjadi kolektor 'kertas ganteng' sejak 2021.

‘kertas ganteng’ merupakan kartu bergambar foto K-Pop idol yang bisa didapatkan dalam album mereka ataupun benefit yang diberikan website tempat mereka membeli. 'Kertas ganteng' juga dijual oleh sesama penggemar K-Pop melalui e-commerce.

Fenomena koleksi ‘kertas ganteng’ ini bisa dibilang sama seperti koleksi kartu basket NBA yang populer di era 90-an. Harganya kadang bisa tidak masuk akal, sehingga kita berpikir lebih baik uangnya digunakan untuk kepentingan lain.

Koleksi 'kertas ganteng' milik. (Foto: dok. pribadi Samantha)

“Aku pun di awal-awal juga kayak… yahh aneh sih memang (mengumpulkan kertas ganteng). Tapi waktu itu aku pernah dengar podcast bahwa kebahagian itu tuh susah dibeli. Jadi pas lu bisa beli, kalau lu happy dengan itu dan masih bisa dibeli yaudah gapapa," ujar Samantha kepada merahputih.com.

Berawal dari pekerjaannya sebagai penulis artikel BTS di sebuah media ternama Tangerang, Samantha mencoba mencari tahu tentang grup boyband tersebut seperti menonton video musiknya atau mendengarkan lagu-lagunya. Sejak itu, Samantha langsung jatuh cinta dengan BTS yang menurutnya seluruh anggotanya memiliki ketampanan luar biasa dan sangat berbakat.

"Aku suka K-Pop karena disuruh temanku dengar, terus kedua karena tulis artikelnya tentang BTS itu, dan ketiga kayaknya karena abis putus cinta kali ya. Terus yang keempat, aku melihat mereka hebat juga lho, walaupun bahasanya Korea… kayak BTS bisa menembus ke industri musik Hollywood," aku Samantha panjang lebar.

Baca Juga:

Pemuda Negeri Aing Penuh Perjuangan untuk Keluar dari Hubungan Toxic

Awal-awal menjadi seorang ARMY, Samantha tak pernah membeli merch BTS atau terpikirkan untuk mengoleksi ‘kertas ganteng’. Ia benar-benar hanya menonton video-video BTS saja. Hingga akhirnya pada Februari 2021, karena melihat photobook BTS yang dianggap lucu olehnya, ia tertarik untuk membelinya. Samantha juga merasa akan bagus jika barang tersebut dipajang di rak buku.

"Akhirnya ngelihat orang, kok kayaknya seru banget ya masuk-masukin photocard ke binder. Kayaknya kalau bisa ngelengkapin koleksi tuh kok kayak seru banget," ungkap Samantha membahas bagaimana ia dapat terjun ke dunia perkoleksian tersebut.

Perjuangannya pun sangat luar biasa untuk mengumpulkan 'kertas ganteng'. Samantha harus berebut dengan seabrek penggemar lain yang ingin membeli photocard. Ia harus cepat-cepat menandakan jika ingin membeli photocard itu agar tidak 'tersalip' oleh orang lain.

Untuk kartu-kartu yang banyak diincar penggemar, kata Samantha mendapatkannya akan amat susah. "Waktu itu aku ada tuh satu album Love Yourself Tear versi O, aku suka banget tuh photocardnya jadi aku ingin ‘ngumpulin dong. Awalnya cuman pengen Jin sama Suga, karena bias-ku itu. Tapi kok yang lain cakep banget," kata Samantha.

Salah satu lenticular wings concept yang pernah Samantha beli dengan harga Rp 1,3 juta. (Foto: Twitter/@LicelleSells)

Sejak meresmikan dirinya sebagai ARMY, Samantha makin terpacu untuk mengumpulkan 'kertas ganteng' BTS. Sampai-sampai, ia mengawasi beberapa marketplace demi menemukan kartu incarannya. "Aku pantengin Shopee, pantengin market place online. Aku pantengin, aku cariin terus di Twitter base siapa yang jual," jelas Samantha.

Baginya letak keseruan sebagai kolektor 'kertas ganteng' ialah pada saat harus berebut dengan ARMY lainnya. Lalu jika berhasil mendapatkannya, bagi Samantha itu seperti sebuah pencapaian yang luar biasa. Apalagi jika mendapatkan photocardnya yang lama, karena dirinya suka dengan merch BTS 'klasik'.

Salah satu photocard yang ia beli dengan harga mahal, yaitu lenticular Wings concept book bundle. Ia sampai menghabiskan Rp 1,3 juta demi memperoleh kartu tersebut. Wings memang merupakan album lama BTS yang rilis pada 2016.

Mungkin 'kolektor' kertas ganteng memiliki kesan boros pengeluaran. Namun nyatanya, sebenarnya 'kertas ganteng' bukan sebatas barang untuk dijadikan koleksi. Kartu ini bisa menjadi barang investasi untuk masa depan kelak karena nilainya terus bertambah.

Samantha pun berencana untuk menjual ‘kertas ganteng’ ketika ia membutuhkan uang. “Soalnya kalau lihat trendnya sekarang, orang tuh seneng banget photocard ini dan memang bisa dijual. Jadi bisa dibilang semacam investasi. Kalau photocard bakal naik terus sih harganya, karena semakin susah dicari semakin mahal," tukas Samantha. (mic)

Baca Juga:

Bayu Fajri, Pemuda Negeri Aing Tak Kehabisan Akal Walau Bisnis Kena Imbas Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kim Jong-kook Donasikan Rp 858 juta untuk Rumah Sakit
Hiburan & Gaya Hidup
Domba Gondrong Viral di Media Sosial
Fun
Domba Gondrong Viral di Media Sosial

Seekor domba terjebak di hutan selama 5 tahun, saat ditemukan oleh seseorang, kondisinya sangat mencengangkan.

Thailand dan Tinder Bikin 'Matchmaking Trips'
Travel
Thailand dan Tinder Bikin 'Matchmaking Trips'

Menawarkan paket tur khusus untuk tujuan perjodohan.

Kolam Renang ini Buat Orang Melintasi Dua Tower Apartemen
Fun
Kolam Renang ini Buat Orang Melintasi Dua Tower Apartemen

Kreativitas yang membangkitkan pengalaman kesenangan unik.

2021, Waktu Tepat untuk Remake Dino Crisis
Fun
2021, Waktu Tepat untuk Remake Dino Crisis

Berkat kesuksesan film Jurasic Park yang bersinar di zamannya.

PPKM Diberlakukan, Cinema XXI di Jawa-Bali Tutup Sementara
Hiburan & Gaya Hidup
PPKM Diberlakukan, Cinema XXI di Jawa-Bali Tutup Sementara

Bioskop sebagai salah satu tempat umum ditutup sementara berdasarkan kebijakan PPKM Darurat.

Sutradara Serial 'Loki' Ungkapkan Sumber Inspirasi Uniknya
ShowBiz
Sutradara Serial 'Loki' Ungkapkan Sumber Inspirasi Uniknya

Lucu, ternyata ini ide inspirasi sutradara series 'Loki'.

Game ‘My Lovely Wife’ dari Developer Indonesia Hadir di Summer of Gaming 2021
Fun
Game ‘My Lovely Wife’ dari Developer Indonesia Hadir di Summer of Gaming 2021

Game garapan developer indonesia GameChanger Studio.

Kimchi Khas Korsel, Tiongkok Punya Pao Cai
Fun
Kimchi Khas Korsel, Tiongkok Punya Pao Cai

Sebenarnya Kimchi milik Korsel atau Tiongkok?

Respons Kucing Rindu Pemiliknya
Fun
Respons Kucing Rindu Pemiliknya

Ada masa di mana kucing juga merindukan pemiliknya saat mereka berjauhan.