Pemprov Sulut Selenggarakan Tiga Festival Pariwisata untuk Tahun 2019 Festival Bunaken salah satu agenda pariwisata Sulawesi Utara (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Memasuki paruh kedua tahun 2019, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) mempersiapkan tiga festival pariwisata yang sudah masuk dalam 100 Wonderful of Event 2019 Kementerian Pariwisata.

Ketiga festival pariwisata tersebut meliputi Festival Bunaken, Festival Pesona Selat Lembeh dan Tomohon International Flower Festival.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen berharap upaya maksimal yang dilakukan di sektor pariwisata mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kami optimistis dengan berbagai upaya yang dilakukan sektor pariwisata akan membawa kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, termasuk di antaranya pertumbuhan perekonomian daerah," kata Silangen di Manado, Minggu (28/4).

Festival Pesona Teluk Lembeh
Festival Pesona Selat Lembah di Sulut selalu menarik banyak wisatawan (Foto: antaranews)

Lebih lanjut Edwin Silangen menungkapkan festival-festival tersebut akan menampilkan produk unggulan dari berbagai daerah dan menyuguhkan pentas seni budaya yang ada di Sulut, dan menggerakkan "marine tourism", "ecotourism", "carnaval", kuliner, serta "sport and fashion" di daerah ini.

"Terima kasih kepada Menteri Pariwisata yang terus mendukung kemajuan potensi wisata daerah di Sulut," ujarnya.

Semuanya ini dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Sulut, meningkatkan perekonomian, menciptakan iklim investasi yang aman, pemberdayaan masyarakat, serta meningkatkan citra pariwisata daerah ini, jelasnya.

Tomohon International Flower Festival
Tomohon International Flower Festival termasuk satu dari tiga agenda Kementerian Pariwisata di Sulut (Foto: antaranews)

Tak hanya itu, festival yang digelar di tiga kota berbeda itu (Kota Manado, Kota Bitung dan Kota Tomohon) diharapkan menciptakan wahana interaksi antarpenjual dan pembeli, serta antarpelaku usaha.

"Momentum ini dapat menjalin komunikasi bisnis dan memperluas jaringan pemasaran, serta meningkatkan kunjungan wisatawan di provinsi ini," papar Silangen sebagaimana dilansir Antara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi dan memuji peningkatan dan perkembangan wisata di provinsi ujung utara Sulawesi itu.

Menurut Menteri, kata Silangen, kunci penting dalam penyelenggaraan sebuah kegiatan adalah kreatif, komersil, komunikasi, komitmen serta konsistensi.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH