Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp 1,5 Miliar Dukung Atlet di Peparnas Papua

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 02 November 2021
Pemprov Sulsel Gelontorkan Rp 1,5 Miliar Dukung Atlet di Peparnas Papua
Atlet. (Foto: NPC Indonesia)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) gelontor anggaran sebesar Rp 1,5 miliar untuk mendukung para atlet berkompetisi di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021.

"Kita limpahkan ke NPC (National Paralympic Commite) yang mengelola secara teknis," ujar Ketua Panitia Pelaksana Peparnas XVI Papua 2021 untuk kontingen Sulsel Muhlis Mallajareng di Makassar, Senin (1/10).

Baca Juga:

Sembilan Mahasiswa Raih Medali di PON Papua, UNS Berikan Bonus Kuliah Gratis Sampai S2

Ia memaparkan, dana dukungan sebanyak Rp 1,5 miliar digunakan mulai dari persiapan, pakaian, akomodasi keberangkatan Kontingen Sulsel ke Papua dan kebutuhan lainnya termasuk latihan.

Muhlis mengatakan, kepanitiaan Kontingen Sulsel untuk berkompetisi di Peparnas Papua merupakan kolaborasi tiga instansi yakni perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Negeri Makassar (UNM), NTC dan Dispora Sulsel.

Pada persiapannya, kata Muhlis, dilakukan rekrutmen di tingkat daerah oleh NTC sebagai panitia kabupaten/kota untuk memperoleh atlet/tunas baru pada bidang olahraga, khususnya di antara kaum disabilitas.

NTC di masing-masing kabupaten/kota ini merekrut atlet yang kemudian direkomendasi untuk tingkat provinsi. Kemudian persiapannya jelang Papernas, para atlet giat latihan yang setiap harinya dibantu oleh pelatih.

Atlet Sulawesi Selatan. (Foto: Antara)
Atlet Sulawesi Selatan. (Foto: Antara)

Selama ini, ujar Muhlis, tidak ada try out atau pertandingan luar untuk latihan. Maka dari itu Pemprov Sulsel pusatkan latihan pada salah satu hotel jelang Papernas.

"Jadi anak-anak itu hanya berlatih santai saja karena pandemi. Sekarang, disiapkan hotel untuk konsentrasi termasuk pusat pelatihannya oleh pelatih," katanya.

Kontingen Sulsel yang terdiri dari pelatih, official dan atlet sebanyak 67 orang, 32 di antaranya adalah para atlet yang akan bertolak ke Papua pada Rabu, 3 November. (*)

Baca Juga:

Penonton Tak Dibiarkan Berdiam Diri Saat Upacara Penutupan PON Papua

#PON Papua #Papua
Bagikan
Bagikan