Pemprov Pantau Distribusi Pangan Jelang Ramadan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 03 Mei 2017
Pemprov Pantau Distribusi Pangan Jelang Ramadan
ustrasi bahan-bahan pokok yang diperkirakan akan naik pada bulan Ramadan (Foto:Antara)

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat fokus pada pengawasan distribusi pangan untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok itu di daerah setempat menjelang Ramadan.

"Kendala distribusi tidak boleh jadi penyebab kenaikan harga pangan. Kita fokus awasi itu," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu (3/5).

Ia mengatakan, hal itu usai menghadiri video konferensi dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Kepala Bulog, Kapolri, dan KPPU.

Harga kebutuhan pokok di Sumbar seringkali bergejolak menjelang Ramadan dan lebaran.

Kenaikan harga itu sebagian diakibatkan cuaca dan pola belanja masyarakat yang cenderung memborong kebutuhan pada saat bulan tersebut.

Proses distribusi juga menjadi salah satu penyebab kenaikan harga, selain perilaku oknum yang melakukan penimbunan bahan pokok tertentu.

"Kita berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kendala distribusi dan penimbunan kebutuhan pokok ini," kata dia.

Kemungkinan, menurut dia, akan ada tim yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan distribusi dan praktik penimbunan pangan tersebut.

Sumber: ANTARA

#Ramadan #Harga Kebutuhan Pokok #Sumatera Barat
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan