Pemprov Jateng Kirim Bantuan Makanan hingga Mainan Anak untuk Korban Gempa

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 24 November 2022
Pemprov Jateng Kirim Bantuan Makanan hingga Mainan Anak untuk Korban Gempa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan bantuan dan dukungan untuk korban gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11) siang.

"Malam ini sudah kita siapkan, tetapi teman-teman kayaknya mau berangkatnya besok (Kamis, 24/11)," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai menghadiri pembukaan Muktamar Nasional Ke-41 Al Irsyad Al Islamiyyah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu sore.

Baca Juga:

BMKG Sebut Gempa Susulan di Cianjur akan Berakhir 4-7 Hari ke Depan

Menurut dia, dalam dua hari ini pihaknya telah menyiapkan dukungan ke Cianjur.

Ia mengaku telah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Jabar pada Rabu (23/11) dan sudah mengidentifikasi beberapa kebutuhan.

Dari hasil identifikasi tersebut, menurut dia, diketahui jika yang dibutuhkan di Cianjur, antara lain makanan bayi, keperluan perempuan, kasur, selimut, dan sarung.

"Saya juga pesan mainan anak-anak karena biasanya mereka akan jenuh, boring, dan sebagainya. Ini dibutuhkan," kata Ganjar.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengirimkan juga tim dari BPBD Jateng dan PMI yang diminta untuk berangkat bersama ke Cianjur.

Baca Juga:

Save the Children Tanggap Bencana Gempa Bumi di Cianjur

"Pembelanjaannya sudah dilakukan, mudah-mudahan besok pagi mereka siap diberangkatkan. Sebenarnya saya minta untuk berangkat malam ini, tetapi saya masih di sini, (karena) minta dilepas Pak Gubernur, ya sudah besok saya lepas," katanya

Ia mengaku jika pada hari Selasa (22/11) bertemu dengan berbagai organisasi kemasyarakatan termasuk dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama)

"Sebagai Ketua Kagama (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada), tim kami hari ini (23/11) sudah berangkat membawa water purifier," katanya.

Menurut dia, water purifier tersebut akan digunakan untuk menjernihkan air karena biasanya nanti membutuhkan banyak air.

Selain itu, Ganjar juga meminta tim dari Kagama tersebut untuk masuk lebih ke dalam guna melakukan search and rescue (SAR) termasuk mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang berkembang. (*)

Baca Juga:

37 Persen Korban Meninggal Gempa Cianjur Anak -Anak

#Ganjar Pranowo #Gubernur Jawa Tengah #Gempa #Cianjur
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan