Pemprov DKI Tiadakan CFD dan Perlombaan 17-an di Ibu Kota Sejumlah warga berolahraga di kawasan Bunderan HI, Jakarta, Minggu (9/8/2020). ANTARA FOTO/Fauzan/foc. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi Fase I untuk keempat kalinya selama dua pekan. Kebijakan itu akan berlangsung mulai Jumat (14/8) hingga 27 Agustus 2020.

Dalam perpanjangan PSBB Transisi ini, Anies meminta kepada masyarakat dalam momen peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang yang biasanya ada perlombaan untuk tahun ini ditiadakan.

Baca Juga

Update Kasus Corona DKI Kamis (13/8): 27.863 Positif, 17.836 Orang Sembuh

"Kalau mau melaksanakan upacara diperbolehkan dengan jumlah yang terbatas. Tapi, lomba-lomba yang biasanya dilakukan itu ditiadakan. Karena, lomba-lomba inilah yang menyebabkan kerumunan tanpa terkendali, sedangkan upacara relatif bisa dikendalikan karena jarak antar berdirinya bisa diatur hingga tata caranya," jelas Anies di Jakarta, Kamis (13/8).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: MP/Asropih)

Anies juga menyampaikan Pemprov DKI akan menghentikan sementara, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta.

"Seluruh aktivitas sosial bersama yang menyebabkan kerumunan itu akan ditunda. Dan ini artinya, kegiatan Care Free Day kami putuskan untuk ditiadakan," paparnya.

Momentum HUT ke-75 RI di tengah wabah corona ini, Anies menyarankan warga untuk berkreasi menghias kampung di tempat tinggal dan menghias rumah bahkan kantor.

"Menghias kampung, rumah, maupun kantor bisa tetap berjalan," jelasnya.

Baca Juga

Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Sampai 27 Agustus

Melalui perpanjangan ini, Pemprov DKI bersama aparat Kepolisian dan TNI akan fokus pada penegakan aturan, khususnya penggunaan masker kepada masyarakat. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH