Pemprov DKI Telah Vaksin Difteri 936 Ribu Orang Dalam Sebulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dalam waktu satu bulan telah melakukan vaksinasi difteri untuk mencegah penyebaran wabah difteri. Ia mengaku dari target 1,2 juta vaksin, Pemprov DKI telah melakukan 936 ribu vaksin.

"Kita menargetkan fase ini di Jakarta Barat dan Utara sebanyak 1,2 dua juta, dan sudah mencapai 936ribu. Ini dalam waktu satu bulan aja 78%," ujar Anies saat menghadiri vaksinasi difteri INTI di Wisma Siti Mariam Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (14/1).

Mantan Rektor Universitas Paramadiana ini juga mengapresiasi berbagai elemen masyarakat yang turut membantu Pemprov DKI dalam menyelenggarakan vaksin wabah difteri.

"Kita juga memfasilitasi dan mengapresiasi berbagai organisasi yang turut menyenggalarakan imunisasi ini, karena imunisasi ini disenggalarakan di berbagai tempat. Di mall, di sekolah-sekolah, kantor, apartemen, rusun," jelasnya

Lebih lanjut, Anies berkata kejadian difteri ini merupakan kejadian luar biasa (KLB), menurutnya pada tahun 2017 penderita difteri melonjak dengan angka signifikan yakni 109 kasus yang terinfeksi difteri.

"Kenyataan di tahun 2017 kasus Difteri di Jakarta ditemukan 109 pada tahun sebelumnya hanya 2016 ada 17kasus, tahun 2015 ada 10 kasus dan 2014 4 kasus. lompatnya tinggi 4,10,17 dan 109 jadi angka yang muncul kemarin itu bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng kejadian seperti ini kita menyebutnya sebagai KLB," tuturnya.

Untuk itu, Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berharap masyarakat tidak menyepelekan jika ada gejala sepeti orang flu biasa. Dia meminta warga untuk segera mendatangi tempat-tempat kesehatan atau tim-tim kesehatan di Jakarta baik Puskemas atau di rumah sakit.

Anies juga berharap kepada elemen organisasi masyarakat maupun himpunan untuk ikut serta membantu Pemprov DKI untuk menghentikan penyeberan wabah difteri sesegera mungkin.

"Kita juga mengharapkan vaksin biofarma segera bertambah jumlahnya kalau semakin bertambah ketersediaannya, disini insyallah kita akan segera menuntaskan lebih cepat lagi." Tutupnya (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH